HOME, Bugar

Cara Menggunakan Face Oil yang Tepat Bagi Pemula, Sudah Tahu?

Cara Menggunakan Face Oil yang Tepat Bagi Pemula, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Akhir-akhir ini, face oil menjadi perawatan skincare rutin yang sedang banyak dibicarakan. Face oil diformulasikan untuk melembapkan, menghidrasi, dan menjaga keseimbangan kulit wajah.

Melansir dari my-best.id, facial oil adalah skincare bertekstur minyak kental yang dibuat dari ekstrak tumbuhan. Kandungan utama di dalam face oil merupakan lemak esensial yang baik bagi kulit.

Face oil bekerja sebagai emolien yang dapat mengunci kelembapan dan memperkuat lapisan kulit teratas. Selain itu, facial oil juga mampu mengontrol minyak dan mengatasi berbagai masalah wajah.

Setelah Anda mengetahui manfaat penggunaan face oil bagi wajah, ada baiknya anda cari tahu juga cara menggunakan face oil yang tepat bagi pemula, yaitu:

1. Pastikan tangan bersih.

2. Teteskan 3-5 tetes face oil ke telapak tangan, lalu gosokkan kedua tangan agar suhunya lebih hangat.

3. Tekan dan pijat perlahan kulit wajah dengan telapak tangan. Diamkan beberapa detik agar lebih menyerap.

4. Gunakan saat kulit dalam keadaan lembab.

5. Iringi dengan penggunaan moisturizer.

6. Jangan digunakan setiap hari. Cukup gunakan 2-3x seminggu. 

Waktu yang tepat saat menggunakan face oil, yaitu pada kulit normal cenderung berminyak, gunakan face oil pada malam hari sebelum memakai moisturizer. Sedangkan pada kulit normal cenderung kering, gunakan face oil pada pagi/malam hari, setelah memakai moisturizer.

Face oil dapat digunakan sendiri atau dicampur dengan produk skincare lain seperti toner, pelembab atau masker. 

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mencegah Rambut Bercabang

Namun, Anda perlu tahu saat memilih facial oil tidak boleh sembarangan,ya. Tentunya harus sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan kulit yang anda miliki.

Masih bersumber dari my-best.id , berikut rekomendasi memilih produk facial oil berdasarkan jenis kulit, yaitu:

  • Face oil untuk kulit normal

Pemilik kulit normal memiliki kadar air dan minyak serta linoleic acid dan oleic acid yang seimbang. Rekomendasi face oil untuk kulit normal contohnya jojoba oil, tamanu oil, argan oil, dan rice bran oil.

  • Face oil untuk kulit berminyak

Bagi anda yang memilki kulit berminyak, disarankan memilih face oil bertekstur ringan yang cepat meresap dan tidak meninggalkan rasa lengket. Rekomendasi face oil untuk kulit berminyak di antaranya grapeseed oil, calendula oil, rosehip oil, dan safflower oil.

  • Face oil untuk kulit kering

Sebaliknya, pemilik kulit kering memiliki kadar oleic acid yang rendah. Rekomendasi face oil untuk kulit kering, yaitu avocado oil, macadamia oil, dan apricot kernel oil. Face oil ini cenderung punya tekstur thick yang sangat lembap.

  • Face oil untuk kulit sensitif

Selanjutnya untuk kulit sensitif rentan iritasi, kemerahan, dan kering yang berlebihan. Salah satu face oil terbaik untuk kulit sensitif adalah camellia oil dan evening primrose oil.

Face oil ini mengandung antioksidan serta asam lemak yang berguna melembapkan, melembutkan, dan menenangkan kulit sensitif.

  • Face oil untuk kulit kombinasi

Pemilik kulit kombinasi, direkomendasikan dengan memilih produk facial oil dengan kandungan marula oil, grapeseed oil, green tea seed oil, dan chamomile oil. Minyak tersebut membantu mengurangi iritasi pada kulit kering, bersifat antibakteri, dan anti-inflamasi.

Selanjutnya: Mengobati Jerawat, Satu dari 6 Manfaat Pomegranate Oil untuk Kecantikan Kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News