HOME, Bugar

Mengobati Jerawat, Satu dari 6 Manfaat Pomegranate Oil untuk Kecantikan Kulit

Mengobati Jerawat, Satu dari 6 Manfaat Pomegranate Oil untuk Kecantikan Kulit

MOMSMONEY.ID - Pomegranate oil atau minyak delima adalah minyak alami yang terbuat dari ekstrak buah delima. Pomegranate oil telah dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Selain itu, kandungan flavanoid dan asam punicic pada pomegranate oil memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba. 

Saat proses pembuatan pomegranate oil biasanya menggunakan metode cold-presses sehingga nutrisi di dalam minyak biji delima senantiasa terjaga. Dengan kandungan yang terdapat di dalam delima, pomegranate oil telah banyak dimanfaatkan orang-orang sebagai perawatan kecantikan kulit.

Agar anda lebih memahami pomegranate oil, berikut 6 manfaat pomegranate oil untuk kencantikan kulit yang telah dirangkum dari indonesianbeautyheritage.com dan healthline.com, yaitu:

1. Menghindrasi Kulit

Berdasarkan penelitian seorang ahli dermatologi, Pomegranate oil mampu menghidarsi kulit kusam dan kering tanpa menyumbat pori-pori. Selain itu, buah delima juga kaya dengan vitamin C yang dapat mengatasi kulit yang bertekstur kasar dan dapat mencerahkan kulit. 

2. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat pomegranate oil selanjutnya yaitu menangkal radikal bebas. Kandungan asam punicic memiliki khasiat mengurangi peradangan kulit dan membantu reparasi sel kulit. Asam punicic ini juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan menangkal radikal bebas. 

Baca Juga: 4 Rekomendasi Face Wash Untuk Pemilik Kulit Kombinasi di Bawah Rp50.000

3. Regenerasi Kulit

Pomegranate oil dikenal mampu meningkatkan regenerasi kulit yaitu kemampuan kulit untuk menyingkirkan sel-sel kulit tua di permukaan sehingga dapat meremajakan yang baru. Tentunya, kulit akan terasa kenyal, muda dan terhindar dari kerutan.

Pengelupasan sel kulit tua juga mengurangi risiko terjadinya jaringan parut pada bekas luka. Selain itu, pengelupasan kulit secara teratur membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati, yang mengurangi tanda-tanda jerawat dan penuaan kulit. 

4. Mengobati Jerawat

Pomegranate oil dapat mengobati masalah jerawat. Seperti yang anda tahu bahwa jerawat muncul disebabkan oleh bakteri, minyak tersumbat dan kotoran yang memicu pembentukan jerawat. Antioksidan yang terkandung di dalam pomegranate oil membantu mengurangi timbulnya jerawat dengan memperbaiki sel dan kesehatan kulit.

Delima juga mengandung antimikroba alami dari vitamin C, yang dapat membantu melawan bakteri dan jamur di kulit Anda. Manfaat tersebut dapat membantu mengobati bakteri munculnya jerawat. Anda bisa oleskan pomegranate oil pada daerah kulit yang berjerawat.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan dan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat PIE & PIH

5. Menyamarkan Stretch mark

Menurut penelitian, kandungan antioksidan dan antiperadangan pada delima mampu menyamarkan stretch mark. Krim yang terbuat dari pomegranate oil bisa meningkatkan ketebalan, elastisitas, dan hidrasi pada kulit. Para ahli menyarankan krim dapat membantu mencegah atau memperbaiki munculnya stretch mark.

6. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Manfaat pomegranate oil lainnya yaitu dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Pomegranate oil mengandung asam ellagic berkonsentrasi tinggi. Asam ellagic adalah antioksidan fenol alami yang tela terbukti membantu mencegah kanker kulit. Asam ellagic juga berkhasiat untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV yang mengakibatkan pembentukan kerutan. 

Selanjutnya: Moms, Inilah 4 Resep Kecantikan Daun Pandan Warisan Nenek Moyang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News