HOME, Santai

Penyebab dan Cara Mencegah Rambut Bercabang

Penyebab dan Cara Mencegah Rambut Bercabang

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda memiliki rambut bercabang pada ujung rambut Anda? Pernahkah Anda berfikir untuk menghilangkan rambut tersebut karena terlihat tidak sehat? Lalu apakah itu rambut bercabang dan bagaimana cara untuk mengatasinya?

Rambut bercabang terjadi karena adanya penurunan kualitas pada rambut Anda. Rambut Anda tumbuh dari bagian akar dan tumbuh. Menjadikan bagian paling ujung rambut Anda menjadi bagian tertua dan rentan terhadap ekspos bahan kimia dari luar.

Lama kelamaan bagian ujung rambut menjadi  semakin rentan dan kehilangan kutikel rambut yang menyebabkan inner cortex atau bagian inti dalam rambut menjadi tereskpos. Sehingga muncullah cabang pada bagian ujung rambut.

Baca Juga: 5 Manfaat Minyak Alpukat Bagi Kesehatan Rambut, Cantik dan Berkilau

Rambut bercabang pun terbagi menjadi 3 tipe. Basic, candle, dan tree. Basic adalah ketika rambut bercabang Anda hanya terbentuk menjadi dua cabang. Candle adalah ketika ujung rambut berbentuk lebih tipis dibandingkan bagian atasnya. Sedangkan tree adalah ketika rambut Anda memiliki banyak cabang seperti pohon.

Yang menjadi penyebab munculnya rambut bercabang adalah karena cuaca ekstrim yang membuat rambut menjadi kekurangan nutrisi. Selain itu penggunaan catok, blow, dan pengeriting rambut juga menjadi salah satu penyebab tersering munculnya rambut bercabang ini.

Namun perlu diingat bahwa faktor internal seperti diet yang buruk dan kesehatan juga bisa mempengaruhi munculnya rambut bercabang. Rambut Anda membutuhkan nutrisi dari dalam agar tetap bisa terlihat sehat dan terhindar dari rambut bercabang. 

Sangat disayangkan bahwa rambut bercabang tidak bisa diperbaiki kecuali dengan cara memotongnya. Menggunakan hair mask sebagai treatment perawatan rambut bercabang juga tidak bisa memiliki kemampuan untuk menyingkirkan permasalahan rambut ini. Hair mask hanya akan  membantu untuk melembabkan rambut dan mencegah munculnya rambut bercabang.

Baca Juga: Mau Beli Catok? Perhatikan Hal Ini Dulu, Yuk

Lalu bagaimana cara untuk mencegah munculnya rambut bercabang? Rutin memotong bagian ujung rambut bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah munculnya rambut bercabang. Menutrisi rambut dengan menggunakan produk perawatan rambut yang mamu melembabkan rambut juga sangat disarankan. Selain dengan cara memberikan nutrisi pada rambut melalu makanan sehat dan banyak minum air putih. 

Sebisa mungkin kurangi atau minimalisir penggunaan bahan pemanas rambut. Seperti catok, hair dryer, dan pengeriting rambut. Panas yang dihasilkan dari alat-alat ini memiliki efek buruk bagi rambut dan membuat rambut perlahan-lahan kehilangan nutrisinya.

Pastikan untuk menggunakan heat protector atau produk pelindung rambut dari panas, agar kelembapan dan nutrisi yang adapada rambut tetap terlindungi dengan baik sebelum menggunakan alat-alat penata rambut tersebut.

Selanjutnya: Sleep Hacks, Ini Dia Tips untuk Bisa Tidur Nyenyak Saat Malam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News