HOME, Keluarga

Cara Menggunakan Eco Enzyme Sebagai Pembersih Rumah Tangga, Sudah Tahu?

Cara Menggunakan Eco Enzyme Sebagai Pembersih Rumah Tangga, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Eco enzyme adalah cairan organik yang terbuat dari campuran air, gula, dan sisa kulit buah yang difermentasi selama tiga bulan.

Jika sudah siap, cairan ini sangat multifungsi dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari menyuburkan tanaman hingga menjadi pembersih rumah tangga.

Ketika dibandingkan, eco enzyme memang jauh lebih aman digunakan dibandingkan produk pembersih rumah tangga biasa yang dapat mengiritasi kulit dan cenderung berbahaya untuk lingkungan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mencoba menggunakan larutan ini untuk membersihkan rumah.

Namun, menggunakan eco enzyme tidak boleh sembarangan. Ada takaran tertentu yang harus diikuti supaya eco enzyme bisa bekerja secara maksimal.

Seperti apa cara menggunakan eco enzyme yang tepat sebagai pembersih rumah tangga? Dilansir dari Sustaination dan Enyzme SOS, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Eco Enzyme, Pembersih Serbaguna dari Sampah Organik

Mencuci baju

Untuk mencuci baju, Anda bisa menggunakan sekitar 150 hingga 300 ml eco enzyme tanpa campuran air. Jadi, eco enzyme yang digunakan masih bersifat konsentrat. Gunakan eco enzyme sebagai pengganti deterjen, dan tambahkan 2 makan baking soda jika diperlukan.

Membersihkan kloset atau saluran air

Untuk membersihkan kloset atau saluran air, siramkan sekitar 250 ml eco enzyme tanpa campuran air pada area yang ingin dibersihkan. Supaya hasilnya maksimal, Anda juga bisa menyebarkan baking soda dulu pada area yang ingin dibersihkan, lalu baru siramkan eco enzyme.

Mencuci piring dan membersihkan lantai

Untuk mencuci piring dan membersihkan lantai, campurkan 100 ml eco enzyme dengan 1 liter air supaya eco enzyme jadi lebih encer. Lalu, gunakan campuran tersebut untuk menggantikan sabun cuci piring atau cairan pel yang biasa Anda gunakan.

Membersihkan furnitur

Campurkan sekitar 100 ml eco enzyme dengan 1 liter air, lalu masukkan botol semprot dan semprotkan campuran tersebut pada furnitur yang ingin dibersihkan. Setelahnya, lap permukaan furnitur tersebut dengan kain lap yang kering dan bersih.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Vacuum Cleaner di Bawah 1 Juta yang Terjangkau dan Berkualitas

Membersihkan permukaan dapur

Campurkan sekitar 100 ml eco enzyme dengan 1 liter air, lalu masukkan botol semprot dan semprotkan pada permukaan dapur yang ingin dibersihkan. Untuk permukaan dapur yang berminyak seperti kompor, Anda bisa menaburkan baking soda terlebih dahulu, lalu baru semprotkan eco enzyme supaya hasilnya maksimal.

Membersihkan karpet

Campurkan 100 ml eco enzyme dengan 1 liter air, lalu masukkan ke botol semprot. Semprotkan cairan pada permukaan karpet untuk mencegah jamur. Lakukan secara rutin sebanyak satu atau dua kali setiap bulannya.

Baca Juga: Hati-Hati, Jangan Bersihkan 8 Benda Ini dengan Vacuum Cleaner

Membersihkan permukaan kaca

Untuk membersihkan permukaan kaca atau gelas, campurkan 60 ml eco enzyme dengan 40 ml air, kemudian masukkan ke botol semprot. Semprotkan cairan tersebut ke permukaan kaca, lalu lap dengan kain lap yang bersih dan kering.

Membersihkan sayur dan buah dari pestisida

Rendam sayur dan buah dalam campuran 30 ml eco enzyme dengan 1 liter air. Diamkan selama 5 menit, kemudian bilas sayur dan buah tersebut dengan air mengalir hingga bersih.

Nah, itulah cara-cara menggunakan eco enzyme sebagai pembersih rumah tangga serbaguna.

Sebagai catatan, Anda hanya perlu menyiapkan campuran eco enzyme dan air hanya saat akan menggunakannya, dan simpan maksimal selama 7 hari. Jika disimpan lebih dari 7 hari, bakteri pada air akan merusak larutan pembersih.

Bagaimana, tertarik menggunakan cairan eco enzyme sebagai pembersih rumah tangga?

Selanjutnya: 6 Rekomendasi Rice Cooker Mini yang Cocok untuk Kebutuhan Personal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News