AturUang

Butuh Passive Income? Ini Dia Sumber yang Bisa Anda Manfaatkan

Butuh Passive Income? Ini Dia Sumber yang Bisa Anda Manfaatkan

MOMSMONEY.ID - Sumber pendapatan pasif atau passive income tidak sebatas dari hasil investasi atau menyewakan properti serta membeli waralaba, ya.

Masih banyak sumber passive income lainnya, termasuk dari mengandalkan royalti atas suatu karya.

Mendengar kata royalti, mungkin yang muncul di benak Anda adalah sebatas royalti hak cipta lagu, film, atau buku.

Nah, di era serba-digital seperti sekarang, sumber pendapatan royalti tidak sebatas itu.

Royalti sendiri adalah imbalan atau uang jasa yang dibayarkan kepada orang atas karya yang dibuatnya, seperti penulis buku atau pengarang lagu. Royalti buku atau lagu menyesuaikan dengan hasil penjualannya. 

Baca Juga: Kelemahan Mengandalkan Passive Income dari Sewa Properti, Apa Saja?

Namun, sebelum memahami pendapatan pasif dari royalti, ada baiknya Anda memahami dulu apa yang dimaksud dengan passive income.

Eko Endarto, perencana keuangan Finansial Consulting, mengatakan, passive income berasal dari pengembangan aset dan optimalisasi aset orang-orang yang bekerja.

Tentu, ada banyak pilihan untuk dijadikan sebagai sumber pendapatan pasif. Jika harus memilih mana yang paling menjanjikan, tergantung kemampuan dari masing-masing orang. 

Investasi dianggap mudah menghasilkan pendapatan pasif karena hanya tinggal menginvestasikan uang ke salah satu instrumen investasi.

Baca Juga: 5 Manfaat Jintan Hitam untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Diabetes

Lantas, kalau mau sewa properti, sekarang juga bisa dibantu manajemennya oleh aplikasi sewa kamar, seperti OYO dan RedDoorz.

Sementara jika mengandalkan dari royalti, kini semakin mudah karena banyak saluran pemasaran.

Jadi, "Ketiganya sama-sama punya peluang," ujar Eko. 

Tugas Anda adalah coba memulai sesuai kemampuan saat ini. Anda tidak akan merasakan hasilnya ketika belum mencoba salah satu dari sumber passive income tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News