Bugar

5 Manfaat Jintan Hitam untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Diabetes

5 Manfaat Jintan Hitam untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Diabetes

MOMSMONEY.ID - Manfaat jintan hitam untuk kesehatan ternyata tidak bisa disepelekan. Selama lebih dari 2000 tahun, manfaat jintan hitam ini sudah dikenal.

Jintan hitam atau Nigella sativa adalah tanaman obat yang populer digunakan di seluruh dunia dalam sistem pengobatan tradisional.  

Menurut Journal of Hindawi, jintan hitam secara efektif melawan berbagai penyakit seperti saraf, mental, gangguan kardiovaskular, kanker, diabetes, dan lainnya. 

Di India, jintan hitam dibakar kering untuk membumbui kari, sayur tumis hingga samosa. Berikut ini adalah beragam manfaat jintan hitam untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Anak Sedang Diare? Ini 5 Cara Ampuh Mengatasi Diare Pada Anak Secara Alami

Kandungan antioksidan

Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan, antioksidan dapat melindungi dari beberapa jenis kondisi kronis, termasuk kanker, diabetes, penyakit jantung, dan obesitas. 

Evidence Based Compelement Alternative Medical mengungkapkan, beberapa senyawa pada jintan hitam bertanggung jawab atas sifat antioksidan yang kuat. 

Bunuh bakteri yang berbahaya

Manfaat jintan hitam selanjutnya adalah membunuh bakteri yang berbahaya serta bertanggungjawab atas daftar panjang infeksi seperti telinga hingga pneumonia. 

Satu studi Medical Journal of The Islamic Republic of Iran menerapkan minyak jintan hitam secara topikal pada bayi dengan infeksi kulit stafilokokus.  

Mencegah diabetes

Manfaat jintan hitam selanjutnya adalah mencegah diabetes. Sebuah penelitian Journal of Family and Community Medicine pada 94 penderita diabetes melaporkan, mengonsumsi 2 gram jintan hitam setiap hari selama 12 minggu mengurangi kolesterol total dan LDL . 

Baca Juga: Catat! Ini Makanan Sehat yang Bisa Anda Konsumsi saat Radang Tenggorokan

Turunkan berat badan

Manfaat jintan hitam selanjutnya adalah dapat menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan, suplementasi jintan hitam dapat membantu menurunkan indeks massa tubuh (BMI). 

Sebuah tinjauan sistematis yang diterbitkan dalam Journal of Diabetes & Metabolic Disorders pada 2013 menemukan, minyak jintan hitam bisa efektif dalam mengatasi obesitas. 

Dipercaya sebagai obat hipertensi

Jintan hitam secara luas dilaporkan memiliki sifat antihipertensi yang membantu menurunkan tekanan darah. 

Berdasarkan studi yang dimuat dalam Phytotherapy Research menemukan, minyak jintan hitam secara signifikan menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik di antara 70 peserta. 

Meski banyak sekali manfaatnya, tentu kamu tetap perlu menanyakan kembali pada dokter sebelum menggunakan jintan hitam sebagai obat. 

Itulah beberapa manfaat jintan hitam untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News