Bugar

Bukan Hanya Kesehatan, Ini Sederet Manfaat Daun Binahong untuk Kecantikan

Bukan Hanya Kesehatan, Ini Sederet Manfaat Daun Binahong untuk Kecantikan

MOMSMONEY.ID - Manfaat daun binahong tidak hanya untuk kesehatan, tapi juga bermanfaat untuk kecantikan.

Tanaman ini tumbuh merambat di area seperti pekarangan rumah. Namun, sebagian orang menganggap tanaman binahong sebagai tanaman liar. 

Daun binahong mengandung kalsium, vitamin C, vitamin A, dan zat besi yang berperan penting untuk kesehatan dan juga kecantikan, dilansir dari Healthline.

Dirangkum dari Healthline dan Web MD, berikut ini manfaat daun binahong untuk kecantikan yang jarang diketahui, antara lain:  

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan

1. Mencerahkan wajah

Manfaat daun binahong untuk kecantikan yang pertama adalah bisa mencerahkan wajah. Hampir setiap wanita menginginkan kulit yang cerah berseri. 

Hal tersebut bisa diupayakan dengan memanfaatkan daun binahong. Caranya masih sama, yaitu merebus daun binahong, dan meminum air rebusannya. 

2. Mengatasi jerawat

Manfaat daun binahong untuk kecantikan yang kedua adalah mengatasi jerawat. Hampir semua orang memiliki masalah dengan jerawat dan merasa tidak nyaman karenanya. 

Daun binahong mampu mengurangi produksi minyak dan mengecilkan pori-pori wajah sehingga jerawat bisa dicegah dan diatasi. 

3. Menghaluskan kulit wajah

Manfaat daun binahong untuk kecantikan yang ketiga adalah menghaluskan kulit wajah. Ambil daun binahong sebanyak 20 lembar, lalu rebus dengan 500 mililiter air.  

Diamkan beberapa saat hingga air rebusan dingin, kemudian gunakan untuk mencuci muka. Lakukan cara ini setiap dua kali sehari di pagi dan sore hari untuk hasil yang optimal.   

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Andrographis Paniculata Jika Dikonsumsi Secara Rutin

4. Menghilangkan komedo

Manfaat daun binahong untuk kecantikan yang keempat adalah menghilangkan komedo. Banyak orang yang kesal dengan kemunculan komedo di wajah, terutama di bagian hidup. 

Anda  bisa merebus daun binahong, lalu gunakan air rebusan untuk mencuci muka. Cara agar hasilnya maksimal, yaitu gunakan secara rutin tiga kali sehari.  

5. Mengencangkan kulit wajah

Manfaat daun binahong untuk kecantikan yang terakhir adalah mampu mengencangkan kulit wajah.

Nah, cara untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih kencang dan sehat alami, Anda bisa memanfaatkan daun binahong.

Itulah beberapa manfaat daun binahong untuk kecantikan yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News