Bugar

Inilah 5 Manfaat Andrographis Paniculata Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Inilah 5 Manfaat Andrographis Paniculata Jika Dikonsumsi Secara Rutin

MOMSMONEY.ID - Andrographis paniculate atau daun sambiloto adalah salah satu tanaman obat tradisional yang banyak dibudidayakan di berbagai negara Asia, termasuk Indonesia.

Daun ini dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti gangguan fungsi hati, penyakit jantung, alergi, hingga infeksi.

Beberapa studi mengungkapkan bahwa andrographis paniculata kaya akan antioksidan, seperti andrographolide, flavonoid, terpenoid, tannin, dan saponin.

Selain itu, tanaman ini juga diketahui bersifat antiradang, antikanker, antibakteri, dan antivirus. Dirangkum dari Web MD, inilah manfaat andrographis paniculata lainnya, antara lain: 

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Daun Pandan, Salah Satunya Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Mengobati flu 

Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Nah, manfaat yang dipercaya dapat diperoleh dari konsumsi daun andrographis paniculata selanjutnya adalah mengobati flu. 

Sebab, andrographis paniculata diketahui bisa meningkatkan sistem imunitas. Hal ini dipercaya dapat membantu meredakan batuk dan sakit tenggorokan pada seseorang yang mengidap flu. 

Meredakan gejala osteoarthritis 

Manfaat andrographis paniculata lainnya bisa meredakan osteoarthritis. Osteoarthritis merupakan peradangan yang bersifat kronis pada sendi akibat kerusakan pada tulang rawan.

Perlu diketahui bahwa hingga saat ini, tidak ada obat untuk menyembuhkan masalah persendian ini. Alhasil, pengobatan osteoarthritis hanya dilakukan untuk meredakan gejalanya. 

Membantu menyembuhkan infeksi 

Manfaat dari daun andrographis paniculata selanjutnya adalah diyakini dapat membantu menyembuhkan infeksi. Hal ini lantaran daun tersebut memiliki senyawa antibakteri. 

Mengonsumsi daun andrographis paniculata setiap harinya dikabarkan dapat mengatasi infeksi tenggorokan dan amandel atau tonsillopharyngitis. 

Daun andrographis paniculata dan senyawa antibakterinya akan bekerja selayaknya acetaminophen, sehingga dapat mengurangi demam dan nyeri, akibat penyakit tersebut. 

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan

Mencegah dan meringankan gejala alergi

Andrographis paniculata diketahui dapat memperbaiki kinerja sistem kekebalan tubuh dan memiliki sifat antiradang. Beberapa riset pun menunjukkan bahwa tanaman herbal ini dapat mencegah dan meringankan alergi.

Mempercepat proses penyembuhan luka

Selain mencegah dan mengatasi infeksi, andrographis paniculata juga berperan dalam mempercepat proses penyembuhan luka di kulit dan meredakan gatal-gatal.

Andrographis paniculata juga dipercaya dapat mendukung pembentukan kolagen di kulit dan juga menjaga kesehatan kulit dari penuaan dini.

Meskipun banyak manfaatnya, konsumsi andrographis paniculata yang berlebihan bisa memberikan efek samping, seperti sakit kepala, mual, kelelahan, reaksi alergi, dan gagal ginjal akut.

Oleh karena itu, ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter jika ingin mengonsumsi andrographis paniculata sebagai obat herbal atau suplemen untuk mengatasi masalah pada kulit. 

Selain itu, dokter juga dapat menjelaskan lebih jauh seputar manfaat andrographis paniculata untuk kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News