Bugar

Bisakah Kanker Payudara Menyerang Anak? Ini Penjelasannya

Bisakah Kanker Payudara Menyerang Anak? Ini Penjelasannya

MOMSMONEY.ID - Kanker payudara menempati angka tertinggi pada kasus penyakit kanker di Indonesia dan menjadi salah satu kanker yang cukup mematikan untuk perempuan. 

Berdasarkan data Global Cancer Observatory yang dirilis World Health Organization (WHO), jumlah kasus baru kanker payudara mencapai 65.858 pada 2020.

Adapun penyakit ini umumnya terjadi pada wanita dewasa. Namun, bisakah kanker payudara terjadi pada anak?

Fibroadenoma adalah benjolan seperti kelereng pada payudara. Meski sering ditemukan pada wanita berusia 20–30 tahun, kondisi ini bisa terjadi pada wanita usia berapa saja, termasuk anak.  

Untuk mengetahui apakah anak Anda memiliki fibroadenoma atau bibit-bibit kanker, si Kecil perlu menjalani beberapa pemeriksaan.

Baca Juga: Luar Biasa! Ini 5 Manfaat Buah Naga yang Telah Terbukti Khasiatnya

Bentuk pemeriksaan yang bisa dilakukan seperti mammogram, ultrasonografi, atau biopsi. Apabila tidak menimbulkan gejala yang menimbulkan kanker payudara, tumor tidak perlu diangkat. 

Secara umum, berikut adalah gejala atau ciri-ciri yang bisa menjadi tanda kanker atau kondisi lainnya di payudara anak, antara lain: 

1. Munculnya benjolan di sekitar payudara atau di bawah ketiak anak.

2. Perubahan ukuran atau bentuk payudara anak. 

3. Adanya kerutan seperti tekstur kulit jeruk di kulit payudara.

4. Puting yang seharusnya keluar malah masuk ke dalam.

5. Terjadi pembengkakan atau kemerahan pada payudara, puting, maupun areola (area gelap di sekitar puting susu). 

6. Keluarnya cairan dari puting yang bukan ASI, misalnya darah.

Baca Juga: Tidak Diragukan Lagi, Ini Manfaat Temulawak yang Baik untuk Kesehatan

Apabila Anda mengetahui bahwa anak mengalami ciri dan gejala di atas, jangan tunda untuk segera memeriksakannya ke dokter.

Dengan demikian pengobatan selanjutnya bisa dilakukan, sehingga kanker tidak terlanjur menyebar dan merusak masa depan buah hati Anda.

Selalu waspada akan kemungkinan terjadinya kanker payudara pada anak. Penyakit ini bisa menyerang usia dini, khususnya bagi mereka yang memiliki riwayat kanker dalam keluarga.

Pantau terus setiap perubahan yang terjadi di tubuh anak. Jika ditemukan perubahan yang tidak semestinya, jangan menahan diri untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter.

Deteksi dini kanker payudara dapat membantu proses penyembuhan lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News