Bugar

Luar Biasa! Ini 5 Manfaat Buah Naga yang Telah Terbukti Khasiatnya

Luar Biasa! Ini 5 Manfaat Buah Naga yang Telah Terbukti Khasiatnya

MOMSMONEY.ID - Buah naga atau pitaya adalah buah yang hanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis, seperti Amerika Selatan dan Asia.

Bentuk tanamannya pun unik karena memiliki batang yang menyerupai kaktus besar. Meski tampak unik, buah naga ternyata mempunyai segudang manfaat dan khasiat untuk kesehatan.

Buah ini kaya kandungan gizi, sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi. Selain bisa memanjakan lidah, buah naga juga menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, sayang rasanya jika melewatkan beragam manfaat dari buah yang masih satu keluarga dengan kaktus ini. 

Baca Juga: 5 Makanan Ini Ampuh Untuk Menurunkan Gula Darah yang Tinggi

Dirangkum dari Healthline dan Mayo Clinic, ada beberapa manfaat buah naga merah untuk kesehatan yang dapat diperoleh dengan mengonsumsinya secara teratur, antara lain: 

Mencegah anemia

Konsumsi buah naga merah secara rutin diketahui dapat mencegah tubuh dari anemia. Berkat kandungan zat besi yang ada di dalamnya.

Zat besi merupakan jenis mineral yang penting dalam proses produksi sel darah merah. Dengan mengonsumsi buah naga merah, kebutuhan zat besi tubuh akan tetap terjaga. 

Mengurangi risiko kanker

Senyawa antioksidan di dalam buah naga, baik dari likopen maupun hydroxycinnamates juga memiliki khasiat untuk membantu mencegah kanker.

Dilansir dari Food Insight, makanan mengandung likopen dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker prostat, kanker payudara, dan kanker paru. 

Melindungi tubuh dari radikal bebas

Buah naga merah merupakan jenis buah yang kaya antioksidan dan zat antosianin, yaitu pewarna alami yang memberikan warna cerah pada buah. 

Kedua zat tersebut diketahui dapat melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan bahkan membantu tubuh terhindar dari risiko terkena kanker. 

Baca Juga: Moms, Kenali 5 Cara Ampuh Mencegah Sembelit pada Balita

Mengontrol kadar gula darah

Manfaat buah naga selanjutnya adalah bisa membantu mengontrol gula darah. Kandungan serat dalam buah naga juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. 

Tak hanya itu, penelitian di jurnal Plos One pada tahun 2016 pun menemukan fakta bahwa buah naga dapat melawan resistensi insulin yang merupakan salah satu penyebab diabetes. 

Mencegah migrain

Vitamin B2 dan vitamin B3 merupakan jenis vitamin yang juga diperlukan oleh tubuh. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin B, maka tubuh dapat terhindar dari berbagai penyakit, termasuk migrain, katarak, preeklampsia (keracunan pada kandungan), dan penyakit jantung. 

Untuk mendapatkan manfaat dan khasiat yang optimal dari buah naga, sebaiknya Anda mengonsumsi langsung potongan buah ini. Apalagi, buah naga sudah memiliki rasa manis yang pas saat dikonsumsi, sekaligus menyegarkan, serta lembut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News