Bugar

Tidak Diragukan Lagi, Ini Manfaat Temulawak yang Baik untuk Kesehatan

Tidak Diragukan Lagi, Ini Manfaat Temulawak yang Baik untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Temulawak adalah tanaman asli Indonesia yang bentuknya mirip dengan kunyit. Temulawak sudah dipercaya masyarakat Indonesia mengandung banyak khasiat buat kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, temulawak sering dibudidayakan di dataran tinggi untuk diolah menjadi suplemen atau dijual langsung. 

Manfaat temulawak telah terbukti dalam pengobatan tradisional Cina. Banyak yang menggunakan temulawak sebagai obat anti peradangan serta penyembuh luka. 

Temulawak juga memiliki kemampuan melindungi organ hati, antiinflamasi, antikanker, antidiabetes, antimikroba, antihiperlipidemia, anti kolera, hingga antibakteri, dikutip dari Healthline. 

Baca Juga: Bisa Dicoba! Ini Rekomendasi Jamu yang Baik untuk Kesehatan Wanita

Selain itu, seperti dirangkum dari Healthline, berikut ini adalah beberapa manfaat lain temulawak untuk kesehatan yang bisa Anda ketahui, antara lain: 

Obat antiradang

Manfaat temulawak yang pertama untuk obat radang. Temulawak mengandung senyawa antiradang yang bisa menghambat produksi prostaglandin E2 yang memicu peradangan.

Oleh karena itu, kandungan antiradang di dalamnya membantu mengatasi penyakit akibat peradangan di dalam tubuh seperti radang sendi. 

Menurunkan kolesterol

Salah satu manfaat dari temulawak adalah untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa temulawak berpotensi menjadi obat antikolesterol.

Pasalnya, konsumsi temulawak selama 4 minggu berturut-turut terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol total di dalam darah. 

Mengatasi osteoarthritis

Manfaat temulawak lainnya, yaitu membantu pasien yang mengalami osteoarthritis. Osteoarthritis adalah penyakit sendi degeneratif, di mana sendi-sendi menjadi terasa sakit dan kaku.  

Menurut Journal of Alternative and Complementary Medicine bahwa efek temulawak hampir sama seperti efek ibuprofen (obat penghilang rasa sakit) yang diberikan pada pasien osteoarthritis 

Baca Juga: Moms Tidak Perlu Panik! Inilah 4 Cara Mencegah Asma Pada Anak

Menyehatkan saluran pencernaan

Temulawak banyak dikonsumsi oleh penderita masalah saluran cerna, misalnya irritable bowel syndrome (IBS) yang ditandai dengan perut kembung berisi gas.

Manfaat temulawak untuk lambung didapat dari sifat antioksidan mereka yang dapat menangkal pengaruh radikal bebas yang merusak mukosa lambung. 

Selain itu, menurut Pusat Informasi Obat Nasional, minyak temulawak ternyata juga bermanfaat sebagai antispasmodik, golongan obat yang memiliki sifat sebagai relaksan otot polos.

Mencegah serta membantu pengobatan kanker

Walaupun masih sangat sedikit penelitian yang tersedia terkait manfaat temulawak dengan pengobatan kanker, beberapa ahli percaya akan khasiat tanaman ini.

Temulawak dapat berguna untuk membantu pengobatan kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus.  

Peneliti dari University of Maryland Medical Center menjelaskan bahwa bahan herbal mungkin bisa menghentikan pertumbuhan kanker berkat zat antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Untuk merasakan manfaat temulawak ini, Anda dapat merebus dan meminum air rebusan temulawak tersebut.

Atau jika ingin daya simpan yang lebih lama, temulawak dapat dikeringkan di bawah sinar matahari atau menggunakan oven, kemudian digiling dan disimpan dalam bentuk bubuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News