HOME, Bugar

Bisa Dicoba! Pilihan Menu Sehat untuk Diet Saat Bulan Puasa

Bisa Dicoba! Pilihan Menu Sehat untuk Diet Saat Bulan Puasa

MOMSMONEY.ID - Puasa menjadi momen yang sering dimanfaatkan banyak orang untuk menurunkan berat badan.

Namun masalahnya, ada banyak godaan saat puasa yang justru bisa membuat berat badan menjadi naik. Salah satunya adalah makan berlebihan saat berbuka puasa.

Oleh karena sudah berpuasa sepanjang hari, banyak orang menjadikan buka puasa sebagai waktu balas dendam dengan mengonsumsi berbagai macam makanan tanpa memperhatikan kandungannya. 

Baca Juga: Tetap Nikmat, Ini 4 Rekomendasi Jajanan Sehat Saat Berbuka Puasa

Dilansir dari Web MD dan Mayo Clinic, berikut ini adalah pilihan menu sehat saat diet selama bulan puasa, antara lain: 

1. Nasi merah

Pilihan menu sehat saat diet selama bulan puasa yang pertama adalah mengonsumsi nasi merah. dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi sehingga baik untuk diet.

Mengutip dari Asian-Australasian Journal of Animal Sciences  bahwa beras merah secara signifikan lebih berpotensi untuk melawan radikal bebas dan mengandung konsentrasi antioksidan flavonoid yang lebih tinggi daripada beras coklat.

Dalam hal ini, kandungan flavonoid dalam nasi merah dapat membantu membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, menjaga kadar radikal bebas, dan mengurangi risiko kondisi kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

2. Omelet

Pilihan menu sehat saat diet selama bulan puasa yang kedua adalah mengonsumsi omelet. Meski begitu, mengonsumsi terlalu banyak telur tidak dianjurkan untuk Anda yang memiliki riwayat panyakit kolesterol ya.

Sebab, dalam sebutir telur mengandung 212 mg kolesterol dibandingkan makanan lainnya sehingga tidak direkomendasikan untuk penderita kolesterol.

Baca Juga: 5 Buah yang Baik Jika Dikonsumsi Rutin Saat Bulan Puasa

3. Teh dan 3 buah kurma

Pilihan menu sehat saat diet selama bulan puasa yang ketiga adalah teh dan tiga buah kurma. 

Kurma adalah buah yang kaya manfaat, mengenyangkan dan mengandung nutrisi yang baik untuk diet seperti potasium, magnesium, zat besi, vitamin B6 hingga fiber yang dapat memperlancar pencernaan.

Bahkan dalam sebuah penelitian yang dikutip dari British Journal of Nutrition, melibatkan 21 orang mengonsumsi 7 buah kurma per hari selama 21 hari.

4. Salad buah

Pilihan menu sehat saat diet selama bulan puasa yang keempat adalah salad buah. Mereka yang mengonsumsi lebih banyak buah setiap harinya dapat menghindarkan diri dari obesitas maupun kelebihan berat badan.

Salad buah bisa jadi menu buka puasa untuk diet yang menyehatkan dan menyegarkan. Namun, pastikan kandungan buahnya lebih banyak dibandingkan saus atau dressingnya, ya.

Itulah beberapa menu buka puasa untuk diet. Selamat menjalankan ibadah puasa dan jangan lupa perbanyak minum air putih agar selalu terdehidrasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News