HOME, Bugar

Tetap Nikmat, Ini 4 Rekomendasi Jajanan Sehat Saat Berbuka Puasa

 Tetap Nikmat, Ini 4 Rekomendasi Jajanan Sehat Saat Berbuka Puasa

MOMSMONEY.ID - Saat berbuka puasa, alangkah lebih baik Anda memilih jajanan sehat. Selain sehat beberapa rekomendasi makanan ini juga tergolong nikmat. 

Pasalnya, makanan jenis ini biasanya juga kaya akan nutrisi lainnya yang akan menyehatkan tubuh dan mengembalikan energimu setelah seharian berpuasa.

Namun, pastikan juga jajanan ini mengandung cukup kalori sehingga ia bisa menggantikan energimu yang terkuras setelah puasa.

Pastikan Anda tidak hanya mencari yang lezat saja, pastikan juga pilih jajanan sehat yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi Anda.

Baca Juga: 5 Buah yang Baik Jika Dikonsumsi Rutin Saat Bulan Puasa

Dilansir dari Islandsun Indonesia dan Wonderful Indonesia, berikut ini beberapa rekomendasi jajanan sehat saat berbuka puasa yang bisa Anda coba, antara lain: 

1. Kolak pisang tanpa santan

Rekomendasi jajanan sehat saat berbuka puasa yang pertama adalah kolak pisang tanpa santan. 

Pasalnya, kandungan kalori pada kolak memang paling pas sebagai menu pembuka. Ia tidak begitu mengenyangkan, tetapi cukup untuk mengganjal perut sebelum akhirnya menikmati makanan berat.

Supaya lebih sehat, Anda bisa mengurangi porsi gula yang Anda gunakan dan biarkan rasa manis alami dari pisang yang mendominasi dan juga lebih baik mengonsumsinya tanpa santan.

2. Klepon

Rekomendasi jajanan sehat saat berbuka puasa yang kedua adalah klepon. Klepon adalah rekomendasi jajanan sehat untuk berbuka yang sangat tradisional.

Tepung ketan, tepung beras, parutan kelapa, dan gula merahnya membuat penganan manis ini paling pas dimakan setelah perut kosong seharian.

Selain energi sehatnya, klepon juga mengandung mangan yang membantu metabolisme dalam tubuh, menjaga kesehatan tulang, menangkal radikal bebas, dan membantu fungsi kelenjar tiroid. 

3. Es Buah / salad buah

 Rekomendasi jajanan sehat saat berbuka puasa yang ketiga adalah es buah atau salad buah. Es buah atau salad buahjuga bisa jadi pilihan jajanan sehat untuk berbuka puasa.

Air dan buah adalah kombinasi menyehatkan untuk perut yang sudah lama kosong. Anda harus lebih dulu mengembalikan kehilangan cairan tubuh baru mengisinya dengan makanan berat.

Buah dan air pada es buah akan mengembalikan cairan tubuh dan energi yang hilang. Rasa manis dan kesegaran buah akan mengembalikan vitalitas tubuh.

Terlebih di dalam buah juga terdapat banyak vitamin dan mineral serta serat yang sangat dibutuhkan tubuh.

Namun supaya lebih sehat, alangkah baiknya Anda mengurangi gulanya dan membiarkan rasa manis dari buahnya lebih menonjol.

Baca Juga: 5 Menu Takjil untuk Kesehatan Saat Berbuka Puasa

4. Kue lumpur

Rekomendasi jajanan sehat saat berbuka puasa yang keempat adalah kue lumpur. 

Satu lagi makanan tradisional lainnya yang bisa menjadi rekomendasi jajanan sehat untuk berbuka adalah kue lumpur.

Kuning telur, putih telur, santan, margarin, garam, gula dan kismis adalah bahan alami yang dapat meningkatkan energi setelah perut kosong.

Itulah beberapa rekomendasi jajanan sehat untuk Anda nikmati saat berbuka puasa. Namun, selama puasa Anda juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News