HOME, Bugar

5 Buah yang Baik Jika Dikonsumsi Rutin Saat Bulan Puasa

 5 Buah yang Baik Jika Dikonsumsi Rutin Saat Bulan Puasa

MOMSMONEY.ID - Tubuh mengalami perubahan saat puasa, termasuk fungsi enzim. Enzim yang biasanya dihasilkan sistem pencernaan perlahan berkurang.

Maka itu, Anda disarankan mengonsumsi makanan yang baik untuk pencernaan saat buka puasa. Salah satunya adalah  buah.

Mengonsumsi buah ketika buka puasa dapat membantu mengembalikan cairan, energi, serta elektrolit tubuh yang hilang.

Baca Juga: 5 Menu Takjil untuk Kesehatan Saat Berbuka Puasa

Ini karena buah-buahan merupakan sumber yang baik dari air, glukosa, vitamin, dan mineral dan memenuhi nutrisi yang dibutuhka tubuh.

Dilansir dari Mayo Clinic dan Healthline, berikut ini lima buah yang baik jika dikonsumsi rutin saat bulan puasa, antara lain:

1. Semangka

Buah yang baik jika dikonsumsi rutin saat bulan puasa pertama adalah buah semangka. 

Semangka terbukti dapat menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, sehingga sangat baik direkomendasikan dimakan saat menjalankan ibadah puasa.

Serat yang tinggi dapat membantu pencernaan dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Biasanya, karena puasa kulit menjadi kering karena kekurangan cairan.

Peran semangka adalah menghidrasi tubuh dari dalam, sehingga kulit tetap cerah dan kenyal plus penampilan jadi cerah tidak terlihat kuyu walaupun sedang menjalani puasa.

2. Apel

Buah yang baik jika dikonsumsi rutin saat bulan puasa adalah buah apel. Apel bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mengenyangkan perut, menghidrasi, dan menjaga ketahanan tubuh.

Apel juga punya manfaat tambahan lain, seperti menurunkan risiko diabetes, penyakit kanker, melawan asma, menjaga kesehatan jagung, dan menjaga berat badan tetap stabil.

3. Anggur

Buah yang baik jika dikonsumsi rutin saat bulan puasa ketiga adalah buah anggur. Buah anggur bisa menjadi alternatif yang baik untuk buka puasa.

Buah ini memiliki rasa segar dan manis yang dapat mengembalikan cairan dan gula di dalam tubuh. Selain itu, kandungan air dan seratnya juga bisa membantu mencegah sembelit.

Baca Juga: Cara Mengatasi Gangguan Lambung Saat Berpuasa

4. Jeruk

Buah yang baik jika dikonsumsi rutin saat bulan puasa keempat adalah buah jeruk. Kandungan vitamin C pada 100 gram buah jeruk mampu mencukupi 90 persen kebutuhan vitamin C harianmu.

Seperti yang Anda ketahui, vitamin C dapat meningkatkan imunitas tubuh dan sangat baik untuk mencegah flu atau mengembalikan kekebalan tubuh.

Makan buah jeruk saat sahur dan berbuka dapat menjaga agar tubuh senantiasa fit selama menjalani puasa.

5. Pisang

Buah yang baik jika dikonsumsi rutin saat bulan puasa terakhir adalah buah pisang. Pisang juga bisa menjadi pilihan buah yang baik dikonsumsi saat puasa.

Makan buah pisang saat sahur dapat memberikan tenaga untukmu menjalani kegiatan sepanjang hari.

Selain itu, kandungan Kalium pada pisang dapat melindungi sistem pencernaan dan melapisi dinding usus, sehingga meminimalisir terjadinya peradangan dan maag.

Untuk mempertahankan nilai gizi dan manfaatnya, sebaiknya makanlah buah-buahan dalam bentuk yang masih segar.

Batasi penggunaan gula tambahan agar menu buka puasa Anda tetap menyehatkan.

 Itulah beberapa buah yang baik jika dikonsumsi rutin saat bulan puasa yang perlu Anda kethaui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News