HOME, Keluarga

Bingung Menentukan Tipe Rumah yang Cocok? Ini Panduan Singkatnya

Bingung Menentukan Tipe Rumah yang Cocok? Ini Panduan Singkatnya

MOMSMONEY.ID - Jenis atau tipe rumah umumnya menjadi salah satu pertimbangan utama seseorang saat akan membeli rumah.

Setiap tipe rumah pada dasarnya sudah dilengkapi dengan spesifikasi mengenai luas tanah, luas bangunan, hingga jumlah ruangan yang ada di dalamnya. Hal ini tentu akan mempermudah calon pembeli memperkirakan tampilan rumah tersebut.

Namun, pada kenyataannya, masih ada calon pembeli yang bingung dalam menentukan tipe rumah yang cocok dengan kebutuhannya. Alhasil, rumah yang akhirnya dibeli bisa terasa terlalu kecil maupun terlalu besar.

Nah, untuk menghindari kesalahan tersebut, ada baiknya Anda mengetahui peruntukan dari masing-masing tipe rumah. Dilansir dari laman Indonesia PropertI Expo, Prospeku, dan Pinhome, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Mengenal Tipe-Tipe Rumah yang Populer di Indonesia, Apa Saja?

Tipe 21

Rumah tipe 21 memiliki luas bangunan sekitar 21 meter persegi yang dilengkapi dengan 1 kamar tidur, 1 ruang keluarga, dan 1 kamar mandi.

Karena ukurannya yang kecil dan terbatas, rumah tipe 21 akan cocok bagi pasangan yang baru menikah. Selain itu, rumah tipe ini juga cenderung cocok untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang membutuhkan hunian dengan budget terbatas.

Tipe 36

Rumah tipe 36 memiliki luas bangunan sekitar 36 meter persegi yang dilengkapi dengan 2 kamar tidur, 1 ruang keluarga, dan 1 kamar mandi.

Rumah tipe ini umumnya akan cocok untuk Anda yang baru menikah atau memiliki keluarga kecil dengan 1 anak.

Selain itu, rumah tipe 36 juga cocok untuk Anda yang ingin berinvestasi di bidang properti karena harga belinya yang cenderung murah dan mudah laku kembali saat akan dijual, karena peminatnya yang tinggi.

Tipe 45

Rumah tipe 45 memiliki luas bangunan sekitar 45 meter persegi, dengan jumlah ruangan yang kurang lebih sama dengan rumah tipe 36.

Karena itu, rumah tipe ini akan cocok untuk keluarga kecil dengan 1 anak yang menginginkan keberadaan ruangan yang lebih luas untuk taman dan/atau mobil. Sama seperti rumah tipe 36, rumah tipe 45 juga cocok untuk investasi properti.

Baca Juga: Banyak Diminati, Ini Dia Keunggulan Rumah Tipe 36

Tipe 54

Rumah tipe 54 memiliki luas bangunan sekitar 54 meter persegi. Selain memiliki 1 ruang keluarga dan 1 kamar mandi, rumah ini biasanya memiliki 2 atau 3 kamar tidur.

Jadi, rumah ini cenderung cocok untuk Anda yang memiliki lebih dari 1 anak. Layout rumah tipe 54 juga cocok untuk Anda yang ingin merenovasi rumah menjadi 2 lantai atau menambahkan taman di rumah.

Baca Juga: Ini Dia Tren Interior Rumah yang Populer Sepanjang Tahun 2021, Yuk Tengok!

Tipe 60

Rumah tipe 60 memiliki luas bangunan sekitar 60 meter persegi dan memiliki 3 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan 1 ruang keluarga.

Jika rumah tipe 54 dirasa kurang cukup luas untuk dihuni keluarga Anda, mungkin rumah tipe 60 bisa menjadi pilihan yang tepat. Sama seperti rumah tipe 54, rumah tipe 60 juga bisa direnovasi menjadi 2 lantai dan ditambahkan taman pada lahannya.

Tipe 70

Rumah tipe 70 memiliki luas bangunan sekitar 70 meter persegi dan memiliki jumlah ruangan yang kurang lebih sama dengan tipe 60.

Termasuk kategori rumah menengah, rumah tipe 70 cocok bagi Anda yang memiliki keluarga besar. Rumah tipe ini juga bisa digolongkan sebagai rumah tumbuh, karena cocok bagi Anda yang ingin menambah barang atau memperluas rumah hingga menjadi tipe 100.

Nah, itulah panduan singkat mengenai tipe rumah yang cocok untuk kebutuhan Anda dan keluarga. Sebenarnya, masih ada lagi tipe-tipe lainnya, tapi tipe yang disebutkan di atas sudah cukup untuk memberikan Anda gambaran.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News