HOME, Santai

Bingung Ingin Menekan Biaya Pernikahan? Yuk Intip Tips Berikut Ini

Bingung Ingin Menekan Biaya Pernikahan? Yuk Intip Tips Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Mengatur biaya pernikahan memang bukanlah hal yang mudah. Keinginan untuk melaksanakan acara pernikahan harus disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Berhemat juga perlu dilakukan agar acara pernikahan tetap dapat berjalan dengan lancar dan tidak kekurangan budget. 

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir biaya pernikahan yang sedang Anda persiapkan.

Baca Juga: Ide Kado Pesta Bujang untuk Sahabat yang Mau Menikah

Menggunakan undangan online

Di masa yang modern seperti masa kini, semua hal sudah berubah menjadi online. Termasuk juga dalam hal pernikahan. 

Pertimbangan menggunakan undangan online tentunya bisa Anda pilih untuk mengurangi biaya cetak undangan yang biasanya membengkak.  Selain itu undangan online juga lebih praktis dalam hal pengiriman karena tidak membutuhkan biaya tambahan.

Mengurangi biaya seragam

Seragam keluarga besar biasanya juga membutuhkan biaya yang besar juga. Belum lagi jika Anda memiliki banyak anggota keluarga besar, tentunya makin banyak biaya yang dikeluarkan untuk membuat seragam pernikahan.

Untuk meminimalisir biaya seragam keluarga besar, Anda bisa menggunakan dress code. Dimana nantinya keluarga bebas menggunakan pakaian yang senada dan sesuai dengan tema yang telah Anda berikan. Jadi tidak akan membebani Anda maupun keluarga besar untuk menyiapkan seragam.

Baca Juga: Tak Hanya Mental, Cek Juga Kesehatan Anda Sebelum Menikah

Membuat souvenir

Jika Anda memiliki waktu luang yang banyak, membuat sendiri souvenir pernikahan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk meminimalisir biaya pernikahan. 

Tak perlu suvenir yang mahal dan berkelas, cukup menyediakan souvenir yang unik, berkesan, dan bermanfaat tentunya akan lebih membantu mengurangi biaya pernikahan.

Hilangkan acara after party

Bagi generasi masa kini, mungkin kegiatan atau acara after party tentunya menjadi agenda wajib setelah acara pernikahan. Namun acara after party ini malah menjadi salah satu faktor penyebab membengkaknya biaya pernikahan.

Sebagai alternatif, Anda bisa mengganti acara after party dengan acara dansa atau menyanyi bersama tanpa mengeluarkan biaya sebesar biaya after party tentunya. 

Selanjutnya: Happy No Bra Day! Ini Dia Manfaat Tidak Pakai Bra Buat Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News