Tak Hanya Mental, Cek Juga Kesehatan Anda Sebelum Menikah

Reporter: Christ Penthatesia
Jumat, 24 September 2021 | 11:08 WIB
Tak Hanya Mental, Cek Juga Kesehatan Anda Sebelum Menikah

ILUSTRASI. Persiapan kesehatan juga perlu diperhatikan sebelum menikah -dok.flickr- sandrieliribeiro

MOMSMONEY.ID - Selain mental, kesehatan juga menjadi aspek penting yang harus diperhatikan bagi setiap calon suami dan calon istri. Maka itu, perlu dilakukan pengecekan kesehatan agar pasangan mengetahui kondisi kesehatan masing-masing.

Berikut ini ada beberapa tes kesehatan yang sebaiknya dilakukan sebelum menikah.

Tes golongan darah dan rhesus

Tes golongan darah sangat penting karena untuk kepentingan transfusi yang bisa dibutuhkan sewaktu-waktu. Nantinya rhesus juga sangat diperlukan bagi istri yang tengah hamil.

Baca Juga: Menstruasi Saat Hari Pernikahan? Tak Perlu Cemas, Gunakan Tips Ini Saja

Golongan darah dan rhesus diperlukan untuk mencegah inkompatibilitas rhesus pada bayi yang dilahirkan. Maka dari itu penting untuk mengetahui masing masing golongan darah dan rhesusnya.

Tes TORCH

Tes TORCH merupakan tes yang digunakan untuk mendeteksi adanya infeksi pada ibu hamil. Tes ini berguna untuk mencegah makin parahnya infeksi yang diakibatkan oleh bakteri dan infeksi.

Sehingga resiko penularan pada janin dapat dicegah. TORCH merupakan singkatan dari jenis penyakit infeksi. Yaitu Toksoplasmosis, Other(termasuk sifilis), Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes simplex virus.

Tes Hematologi

Tes ini berguna untuk mendeteksi adanya gangguan pembekuan darah kondisi darah, anemia, hemophilia, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: Hindari 3 Hal Berikut Agar Kulit Tampak Flawless Di Hari Pernikahan

Hasil tes hematologi ini dapat menjadi acuan bagaimana kondisi kesehatan seseorang secara akurat. Karena tes ini diambil menggunkana sample darah. Anda dapat melakukan tes ini secar rutin untuk mengetahui kondisi kesehatan internal dan external Anda.

Tes HIV dan Infeksi menular lainnya

Sebelum menikah pastikan kesehatan seksual Anda dalam kondisi sehat. Sehingga Anda tidak membawa atau menularkan penyakit seksual pada pasangan Anda.

Lakukan tes ini pada klinik sebelum Anda menikah. Agar virus yang menyerang antibodi ini bisa terdeteksi sejak dini. Begitu juga dengan penyakit menular seksual lainnya. 

Selanjutnya: Pengen Nginap di Villa & Apartemen? Cek Traveloka, Ada Diskon Rp 900.000

 

Editor: Christ Penthatesia
Terbaru