ads

Happy No Bra Day! Ini Dia Manfaat Tidak Pakai Bra Buat Kesehatan

Reporter: Christ Penthatesia
Rabu, 13 Oktober 2021 | 11:19 WIB
Happy No Bra Day! Ini Dia Manfaat Tidak Pakai Bra Buat Kesehatan

ILUSTRASI. Manfaat dari tidak menggunakan bra saat no bra day dan selama beraktifitas


MOMSMONEY.ID - Setiap tahunnya pada tanggal 13 Oktober selalu diperingati sebagai No Bra Day atau hari tanpa bra. Hashtag atau #NoBraDay juga menjadi trending nomor 1 di sosial media Twitter.

Dalam sejarahnya, no bra day digunakan sebagai hari untuk memperingati kesadaran akan kanker payudara. Awalnya no bra day diadakan pada tanggal 9 Juli, namun diubah menjadi 13 Oktober dimana bertepatan dengan bulan kesadaran akan kanker payudara.

Bukan hanya sebagai peringatan akan kanker payudara, ternyata beberapa manfaat bisa didapatkan dengan tidak menggunakan bra. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri dan Jenis Kanker Payudara yang Harus Diketahui Perempuan

Memperbaiki sirkulasi

Menggunakan bra bisa menghambat sirkulasi di sekitar payudara. Sirkulasi yang cukup diperlukan bagi orang-orang yang memiliki ukuran payudara lebih besar.

Maka itu, sirkulasi yang baik diperlukan untuk menjaga kestabilan aliran darah pada area payudara.

Memperbaiki otot dan bentuk payudara

Bra memiliki fungsi untuk menopang payudara agar membuat nyaman saat beraktifitas. Namun menurut laman Well and good, terlalu sering menggunakan bra dapat membuat otot dan ligament pada area payudara kehilangan kekencangannya dan membuat otot serta ligament menjadi “malas”.

Menurut penelitian, wanita yang terbiasa melakukan aktivitas tanpa bra cenderung memiliki bentuk payudara yang kencang, lebih bulat, dan tidak kendur. Dibutuhkan waktu berminggu minggu hingga bulanan untuk membangun kekuatan otot pada area payudara tanpa bantuan bra.

Baca Juga: Tak Hanya Wajah, Payudara Juga Perlu Dirawat! Simak Tipsnya Berikut Ini

Mengurangi rasa sakit

Menggunakan bra selama seharian tentunya membuat beberapa bagian tubuh menjadi lelah karena terlalu ketatnya bra yang digunakan. Hal tersebut bisa membuat beberapa bagian tubuh seperti leher, pundak, punggung dan tulang rusuk menjadi sakit. Tanpa menggunakan bra hal-hal tersebut tentunya bisa dihindari.

Memperbaiki kulit payudara

Kulit sekitar payudara adalah bagian sensitive yang mudah terkena iritasi dan gangguan kulit. Bra juga bisa saja memiliki kotoran dan debu yang menempel dan menyebabkan pori tersumbat dan iritasi. Keringat yang menempel pada bra juga kerapkali menyebabkan masalah kulit seperti jerawat yang muncul di  area payudara.

Tidur lebih nyenyak

Tidur tanpa menggunakan bra bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Laman Bustle menjelaskan bahwa tidur dengan bra pada saat malam bisa membuat membatasi gerak tubuh dan membuat tidur menjadi tidak nyaman.

Selanjutnya: Cegah Kanker Payudara dengan Mengetahui Penyebabnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru
TERPOPULER