Keluarga

Bikin Rontok, Ini 7 Cara Mengikat Rambut yang Bisa Merusak Rambut

Bikin Rontok, Ini 7 Cara Mengikat Rambut yang Bisa Merusak Rambut

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa cara mengikat rambut yang bisa merusak rambut. Cari tahu selengkapnya di sini.

Terdapat banyak faktor yang rentan menyebabkan kerusakan pada rambut. Salah satunya yang mungkin tidak Anda sangka adalah cara mengikat rambut.

Dilansir dari laman Tresemme, ada beberapa cara mengikat rambut yang bisa merusak rambut. Berikut 7 di antaranya yang wajib Anda ketahui.

1. Mengikat rambut dalam kondisi basah

Cara mengikat rambut yang bisa merusak rambut pertama yaitu mengikat rambut dalam kondisi basah.

Rambut yang masih basah cenderung rapuh, sehingga rentan mengalami kerontokan terutama jika Anda memperlakukannya dengan kasar.

Alih-alih mengikat rambut dalam kondisi basah, usahakan untuk mengeringkannya terlebih dahulu. Anda bisa mengeringkan rambut secara alami atau menggunakan hair dryer. Dengan begini, rambut akan terhindar dari risiko rontok karena rambut yang sudah kering dan bersih cenderung lebih kuat.

Baca Juga: Bikin Awet Muda, Simak 5 Manfaat Tidur yang Cukup untuk Kecantikan Kulit

2. Tidak sisiran sebelum mengikat rambut

Cara mengikat rambut yang bisa merusak rambut kedua yaitu tidak sisiran sebelum mengikat rambut.

Sisiran sebelum mengikat rambut merupakan kebiasaan penting yang tidak boleh Anda lewatkan.

Jika Anda menyisir rambut terlebih dahulu sebelum mengikatnya, rambut Anda pun akan terhindar dari risiko kusut dan kerontokan.

3. Mengikat rambut dalam waktu lama

Cara mengikat rambut yang bisa merusak rambut ketiga yaitu mengikat rambut dalam waktu lama.

Mengikat rambut dalam waktu lama dapat menyebabkan rambut sulit bernapas dan mudah rontok. Hal tersebut bisa menjadi semakin parah jika Anda kerap mengikat rambut selama berjam-jam.

Usahakan untuk membuka ikatan rambut sejenak dan memindahkan posisinya guna menghindari kerusakan rambut. Dengan demikian, bagian rambut yang sama tidak akan terkena tekanan terlalu besar sehingga kesehatannya tetap terjaga.

4. Mengikat rambut terlalu kencang

Cara mengikat rambut yang bisa merusak rambut keempat yaitu mengikat rambut terlalu kencang.

Mengikat rambut terlalu kencang berisiko menyebabkan rambut rontok. Saat Anda mengikat rambut terlalu kencang, setiap helai rambut Anda akan menjadi rapuh karena akarnya telah diikat kuat-kuat menggunakan ikat rambut.

Daripada hanya fokus melakukan perawatan rambut rusak, alangkah baiknya Anda juga mengubah kebiasaan mengikat rambut dalam keseharian Anda. Hindari mengikat rambut terlalu kencang dalam waktu lama, terutama jika Anda menata rambut Anda dengan gaya kepang, bun, atau ponytail.

Baca Juga: Ketahui Cara Mengatasi Urat di Wajah yang Harus Anda Tahu

5. Mengikat rambut pakai karet gelang

Cara mengikat rambut yang bisa merusak rambut kelima yaitu mengikat rambut pakai karet gelang. Ingat, karet gelang bukanlah benda yang tepat untuk mengikat rambut.

Tekstur karet gelang yang keras dapat memberikan tekanan berlebihan pada rambut dan menyebabkan rambut mudah patah. Efek tersebut bisa semakin parah jika Anda melepaskan karet gelang yang mengikat rambut secara kasar.

Alih-alih pakai karet gelang untuk mengikat rambut, sebaiknya Anda menggunakan ikat rambut khusus yang teksturnya lembut dan tidak terlalu ketat.

6. Malas mencuci atau mengganti ikat rambut

Cara mengikat rambut yang bisa merusak rambut keenam yaitu malas mencuci atau mengganti ikat rambut.

Secara kasat mata, ikat rambut yang Anda gunakan mungkin tampak bersih. Faktanya, ada banyak debu dan kotoran menempel pada ikat rambut tersebut yang rentan membuat rambut menjadi mudah kotor ketika diikat.

Untuk menghindarinya, pastikan Anda lebih rajin mencuci atau mengganti ikat rambut secara teratur. Jangan sampai rambut Anda rusak dan kusam akibat debu serta kotoran yang berasal dari ikat rambut.

7. Tidak melepas ikat rambut sebelum tidur

Cara mengikat rambut yang bisa merusak rambut ketujuh yaitu tidak melepas ikat rambut sebelum tidur. Jika Anda terbiasa tidur dengan rambut terikat, bersiaplah untuk melakukan perawatan rambut rusak.

Pasalnya, rambut akan kesulitan bernapas dan tidak mendapatkan nutrisi secara maksimal bila diikat selama Anda tidur. Di samping itu, rambut juga akan mendapatkan tekanan yang besar sehingga lekas rapuh.

Supaya rambut senantiasa sehat, Anda harus membiasakan diri untuk mengurai rambut dan menyisirnya hingga rapi sebelum tidur.

Itulah 7 cara mengikat rambut yang bisa merusak rambut. Jangan lupa dicatat dan diterapkan ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News