Keluarga

Bikin Awet Muda, Simak 5 Manfaat Tidur yang Cukup untuk Kecantikan Kulit

Bikin Awet Muda, Simak 5 Manfaat Tidur yang Cukup untuk Kecantikan Kulit

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 manfaat tidur yang cukup untuk kecantikan kulit di sini.

Tidur adalah proses pemulihan yang diperlukan untuk kesehatan yang optimal. Ketika kita tidak mendapatkan tidur yang cukup, sistem kekebalan tubuh bisa melemah dan regulasi hormon pun bisa menjadi kacau.

Tak sampai di situ, kualitas tidur yang buruk juga dapat memengaruhi produksi kolagen dan fungsi pelindung alami kulit sehingga menyebabkan kerutan, kusam, peradangan, dan jerawat.

Apabila Anda mendambakan kulit yang senantiasa terjaga kekencangan dan kekenyalannya, pastikan untuk tidur dengan cukup setiap hari ya.

Berikut MomsMoney uraikan 5 manfaat tidur yang cukup untuk kecantikan kulit sebagaimana dilansir dari HUM Nutrition.

Baca Juga: Ketahui Cara Mengatasi Urat di Wajah yang Harus Anda Tahu

1. Membantu pemulihan kulit

Manfaat tidur yang cukup untuk kecantikan kulit pertama adalah membantu pemulihan kulit. Tidur merupakan bagian penting dari pemulihan kulit. Pasalnya, tidur mampu memberi waktu pada tubuh untuk memperbaiki dan meregenerasi kulit.

Dikarenakan tubuh memproduksi lebih banyak kolagen dan elastin pada saat tidur, kulit pun bisa menjadi lebih kenyal setelah mendapatkan tidur yang berkualitas.

2. Mengurangi peradangan pada kulit

Manfaat tidur yang cukup untuk kecantikan kulit kedua adalah mengurangi peradangan pada kulit.

Peradangan pada kulit dapat muncul dalam bentuk ruam, jerawat, maupun kemerahan. Dan, salah satu cara terbaik untuk melawannya yaitu dengan tidur yang cukup. Melalui tidur yang cukup, itu bisa membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif yang dapat menyebabkan kerusakan kulit seiring waktu.

3. Memudarkan lingkaran hitam di bawah mata

Manfaat tidur yang cukup untuk kecantikan kulit ketiga adalah memudarkan lingkaran hitam di bawah mata.

Kurang tidur dapat menyebabkan kulit di bawah mata terlihat kusam dan lelah yang berkontribusi pada terbentuknya lingkaran hitam. Melalui tidur yang cukup, tubuh akan meremajakan kulit yang pada gilirannya bisa mengurangi munculnya lingkaran hitam. Plus, membuat kulit di bawah mata terlihat lebih cerah dan segar.

Baca Juga: 5 Rangkaian Skincare Skintific untuk Kulit Berjerawat, Pejuang Jerawat Patut Coba!

4. Mencegah perkembangan kerutan

Manfaat tidur yang cukup untuk kecantikan kulit keempat adalah mencegah perkembangan kerutan.

Seorang dokter kulit bersertifikat di New York City mengatakan bahwa kurang tidur dapat berkontribusi pada perkembangan kerutan. Ketika Anda kurang tidur, akan terjadi lonjakan hormon stres kortisol. Adapun lonjakan kortisol telah terbukti mampu memecah kolagen di kulit sekaligus menurunkan jumlah kolagen dan elastin seiring waktu.

Apabila Anda tidak ingin kulit Anda dipenuhi kerutan dalam waktu dekat, usahakan untuk tidur dengan cukup setiap hari. Saat Anda mendapatkan tidur yang cukup, tubuh Anda akan menjadi lebih mampu dalam mengatur kortisol dan menurunkan tingkat stres. Pada akhirnya, tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan akan berkurang kemungkinannya untuk muncul.

5. Menjaga tingkat hidrasi

Manfaat tidur yang cukup untuk kecantikan kulit kelima adalah menjaga tingkat hidrasi. Dengan tidur yang cukup, itu dapat membantu tingkat hidrasi pada tubuh tetap terjaga.

Sebaliknya, kurang tidur bisa menyebabkan keseimbangan hidrasi yang buruk. Jika dibiarkan, hidrasi yang buruk dapat menyebabkan bengkak di bawah mata serta kekeringan pada kulit yang membuat kerutan terlihat lebih jelas.

Demikian 5 manfaat tidur yang cukup untuk kecantikan kulit. Mulai sekarang, jangan begadang lagi ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News