HOME, Santai

Berakhir Pekan di Jakarta, Ini Museum yang Bisa Dikunjungi

Berakhir Pekan di Jakarta, Ini Museum yang Bisa Dikunjungi

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Tanggal 18 Mei lalu merupakan hari museum internasional. Melihat hari peringatannya yang masih baru, Anda pun bisa memanfaatkan akhir pekan ini untuk mengunjungi museum.

Di museum, Anda bisa menikmati karya-karya seni atau belajar soal sejarah. Nah, untuk mendapatkan pengalaman tersebut, berbagai museum yang bisa Anda kunjungi di Jakarta.

Berikut ini beberapa daftar museum yang bisa dikunjungi:

1. Museum Wayang

Museum Macan atau The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara merupakan salah satu museum seni yang terletak di Kebon Jeruk, Jakarta.

Museum ini buka pada Selasa-Minggu pukul 10.00-16.00 WIB. Di museum ini sudah beragam pameran disajikan yang berkaitan dengan seni-seni kontempoter dan modern disajikan. Juni mendatang, akan ada pameran baru "Agus Suwage: The Theater of Me".

Anda bisa memesan tiket secara online. Jangan lupa, bila ingin berkunjung perhatikan beberapa peraturan yang diterapkan.

Baca Juga: Yuk, Kenali Ciri-Ciri Furnitur yang Aman untuk Anak!

2. Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik ini terletak di Jl. Pos Kota No. 2 Jakarta Barat. Museum yang di bawah Dinas Kebudayaan DKI Jakarta ini memiliki koleksi lukisan, patung, sketsa dan keramik. Di sini ada 470 koleksi seni rupa dan 14.000 koleksi keramik. 

Museum ini buka setiap hari Selasa hingga Minggu pukul 09.00-15.00 WIB. Untuk harga tiketnya, dewasa dikenakan biaya Rp 5.000 per orang, mahasiswa Rp 3.000 dan anak-anak/pelajar Rp 2.000 per orang.

3. Museum Sejarah Jakarta 

Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah merupakan museum yang terletak di Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Jakarta Barat.

Di sini, Anda bisa melihat seperti apa sejarah berdirinya kota Jakarta hingga saat ini. Bahkan di tempat ini pun ada berbagai barang-barang peninggalan masa lalu yang bisa dilihat dan dipelajari.

Tempat ini juga bisa menjadi alternatif tempat yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Apalagi, ada juga banyak gedung, museum dan tempat makan di sekitarnya yang bisa Anda sambangi.

Baca Juga: Ini Kafe Bernuansa Vintage di Jakarta

4. Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia atau Museum Gajah terletak di Jalan Merdeka Barat No. 12, Gambir, Jakarta Pusat. Museum ini bernama Museu, Gajah karena di halaman depan museum terdapat sebuah patung gajah perunggu yang merupakan hadian dari Raja Chulalongkorn dari Thailand.

Museum merupakan museum arkeologi, sejarah, etnografi dan geografi. Di museum ini ada 140.000 benda koleksi yang dikelola dimana terdiri dari 7 jenis koleksi.

Museum ini buka setiap Selasa-Minggu pukul 09.00-16.00 WIB. Selain ditutup hari Senin, museum ini tak beroperasi  pada libur nasional. 

5. Museum Wayang
Museum Wayang berada di Jalan Pintu Besar Utara No. 27 Pinangsia, Kota Tua, Jakarta Barat.

Di Museum ini ada ribuan koleksi wayang dari seluruh Indonesia yang bisa dilihat. Dari sirus Mitra Museum Jakarta, setidaknya ada sekitar 5.000 koleksi yang dimiliki museum ini. 

Di sini, Anda bisa belajar menhenai perwayangan juga kebudayaan asli nusantara. Waktu operasionalnya mulai dari Selasa-Minggu dan hari libur nasional pukul 09.00-15.00 WIB.

Selain kelima museum tersebut, Jakarta masih memiliki berbagai museum yang bisa dikunjungi, sebut saja Museum Tekstil, Museum Bahari, Museum Bank Indonesia, dan lainnya. Selamat mengunjungi museum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News