Keluarga

Benda di Rumah yang Bisa Menularkan Ringworm Pada Kucing, Hati-Hati!

Benda di Rumah yang Bisa Menularkan Ringworm Pada Kucing, Hati-Hati!

MOMSMONEY.ID - Sebagai makhluk hidup, kucing mudah terserang berbagai penyakit yang ditularkan dari lingkungan sekitarnya, termasuk penyakit kulit.

Salah satunya adalah ringworm atau dermatophytosis, yaitu penyakit jamur yang menyerang kulit dan bulu dan menyebabkan lesi berbentuk lingkaran atau cincin pada kulit kucing. Terkadang, lesi ini diikuti oleh penebalan kulit, rasa gatal, hingga bulu yang rontok.

Mengapa Anda perlu waspada dengan penyakit ini? Sebab, ringworm termasuk penyakit yang sangat mudah menular ke hewan lainnya, bahkan menular ke manusia.

Nah, untuk mencegah penularan ringworm pada kucing dan manusia, Anda bisa membersihkan beberapa benda di rumah yang rentan menjadi media penularan ringworm.

Apa saja benda yang dimaksud? Dirangkum dari Purina, Daily Paws, dan VCA Hospitals, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Mengapa Kucing Suka Menggaruk Sesuatu? Berikut Penjelasannya

Kasur

Kasur merupakan salah satu benda di rumah yang selalu menyentuh kulit manusia dan kucing secara langsung, sehingga sangat rentan menjadi tempat penularan ringworm. Jadi, jangan lupa untuk sering membersihkan kasur dan mengganti sprei secara rutin.

Karpet

Selain kasur, spora jamur ringworm juga bisa menempel dan hidup di permukaan karpet hingga berbulan-bulan. Jadi, karpet bisa menularkan ringworm dengan mudah, apalagi jika Anda atau si kucing suka bersantai di atas karpet. Anda bisa membersihkan karpet dengan vacuum cleaner untuk membantu membasmi jamur di permukaannya.

Sofa

Furnitur yang empuk seperti sofa biasanya digunakan manusia dan kucing untuk tidur, sehingga menjadi lokasi empuk bagi penularan jamur ringworm. Meskipun begitu, furnitur yang keras juga bisa menempel di atas permukaan furnitur yang keras, sehingga Anda tetap harus waspada.

Baca Juga: Mengenal Rabies Pada Kucing, Virus yang Bisa Berakibat Fatal!

Mainan kucing

Sebagai benda yang sering digunakan secara langsung oleh si kucing, mainan mereka rentan menjadi media penularan ringworm. Jika ada kucing di rumah Anda yang terkena ringworm, cobalah untuk membersihkan mainan yang mereka gunakan untuk meminimalisir risiko penularan. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa membuangnya.

Sisir kucing

Sisir atau sikat yang biasa Anda pakai untuk menyisir bulu kucing peliharaan sangat rawan menularkan ringworm, karena bersentuhan langsung dengan bulu atau kulit kucing. Sama seperti mainan kucing, bersihkan dan disinfeksi sisir untuk meminimalisir penularan, atau buang dan ganti dengan sisir yang baru jika diperlukan.

Mangkuk makanan kucing

Terakhir, mangkuk makanan dan mangkuk air kucing juga bisa menjadi media penularan ringworm di rumah. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membersihkan mangkuk makanan dan mangkuk air secara rutin, serta mengganti makanan dan air di mangkuknya secara berkala.

Itulah beberapa benda di rumah yang bisa menularkan ringworm di rumah. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News