ads

Mengapa Kucing Suka Menggaruk Sesuatu? Berikut Penjelasannya

Reporter: Kania Paramahita
Kamis, 04 Agustus 2022 | 18:31 WIB
Mengapa Kucing Suka Menggaruk Sesuatu? Berikut Penjelasannya

ILUSTRASI. Berikut alasan-alasan mengapa kucing suka menggaruk benda di sekitarnya.


MOMSMONEY.ID - Jika Anda memelihara kucing di rumah, pasti sudah familiar dengan banyak tingkah lakunya yang kadang unik sekaligus merepotkan pemiliknya.

Salah satu tingkah laku kucing yang kadang membuat pemiliknya frustrasi adalah kecenderungan mereka untuk menggaruk berbagai hal di rumah, mulai dari sofa, kasur, hingga furnitur lainnya.

Memang, cakar mereka yang tajam bisa menggores dan merusak permukaan furnitur, sehingga mengurangi tampilan furnitur tersebut.

Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa si kucing senang sekali menggarukkan cakarnya ke berbagai benda? Ternyata, ada beberapa alasan di balik tingkah uniknya tersebut, lo. Dirangkum dari icatcare.org, Humane Society, dan Hill’s Pet, ini penjelasannya.

Baca Juga: Baru Pertama Kali Memelihara Kucing? Siapkan Perlengkapan Ini!

Memperbarui lapisan kuku

Kucing yang sedang menggaruk suatu permukaan biasanya sedang mengasah kukunya. Namun, terkadang si kucing juga menggaruk untuk membantu memperbarui lapisan kukunya.

Dengan menggarukkan kuku atau cakarnya ke suatu permukaan, lapisan terluar dari cakarnya akan terlepas layaknya ganti kulit, digantikan oleh cakar baru yang masih tajam.

Melatih otot tubuh

Selain memperbarui lapisan kuku, menggaruk-garuk suatu permukaan juga dapat membantu si kucing melatih otot tubuhnya, terutama otot di bagian kaki depan dan tulang belakangnya.

Sebagai hewan predator, kucing termasuk hewan yang suka berburu. Jadi, dengan sering-sering melatih otot tubuhnya, tubuh mereka akan lebih sehat dan siap untuk bergerak bila dibutuhkan.

Baca Juga: Jadi Tanda Sayang, Ini 6 Alasan Kucing Suka Menggigit

Menandai wilayah

Hewan-hewan tertentu seperti kucing biasanya menandai wilayah atau teritorinya dengan berbagai cara. Tak hanya dengan mengencingi suatu tempat, kucing juga menandai wilayahnya dengan cara menggarukkan cakarnya ke tempat yang dimaksud.

Pada bagian bawah kaki kucing, terdapat kelenjar bau dan keringat yang menghasilkan bau unik yang dikeluarkan ketika si kucing menggarukkan cakarnya ke suatu permukaan. Kombinasi bekas cakaran, bau, dan potongan cakar kucing yang terlepas akan menandai wilayah tersebut.

Mengajak bermain atau mencari perhatian

Terakhir, kucing yang sedang menggarukkan cakarnya ke suatu permukaan bisa saja sedang mengajak Anda bermain atau sekadar mencari perhatian.

Bahkan, jika ada pemiliknya atau kucing lain di sekitar kucing tersebut, mereka kerap menggaruk-garuk suatu permukaan dengan bersemangat untuk menunjukkan kepercayaan dirinya.

Itulah beberapa alasan mengapa kucing suka menggaruk sesuatu. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER