Keluarga

Begini Cara Hemat Air di Rumah!

Begini Cara Hemat Air di Rumah!

MOMSMONEY.ID - Moms, tahu kah Anda setiap orang rata-rata menggunakan 150 liter air per hari? Melansir Energy Saving Trust penggunaan air paling banyak adalah untuk mandi, mencapai 33% per tahun. Sisanya 22% untuk kebutuhan toilet seperti buang air kecil dan buang air besar. Kemudian untuk mencuci baju dengan mesin cuci. 

Sedangkan kebutuhan lainnya untuk mencuci piring dan tangan mencapai 5%, menyirami tanaman dan mencuci mobil sebesar 2%. Jadi dapat disimpulkan kita paling banyak menggunakan air saat sedang di kamar mandi. Jika Moms mau menghemat air, bisa mulai dari sini. 

Baca Juga: Begini Cara Bikin Rumah Anda Aman dari Pencuri

Melansir Self Buid, berikut tips yang Anda bisa lakukan untuk menghemat air di rumah. 

Gunakan toilet dengan teknologi penggunaan air yang efisien

Flush pada toilet menghabiskan sekitar 9 liter dalam satu kali pencet. Selain itu untuk membilas toilet bagian dalam Anda bisa menghabiskan 3 liter air untuk tombol kecil dan 6 liter air untuk tombol besar. Sedangkan toilet dengan teknologi terbaru ini bisa mengurangi penggunaan air menjadi 2 liter dan 4 liter. 

Gunakan shower dengan pengatur waktu atau matikan saat tak digunakan

Penggunaan air saat mandi menggunakan shower tergantung pada tenaga yang dihasilkan. Sebagai gambaran, jika shower  yang Anda gunakan memiliki tenaga menghasilkan 6 liter per menit, untuk penggunaan 5 menit maka Anda menghabiskan 30 liter air dalam satu kali mandi.

Solusinya, matikan shower saat Anda sedang menggunakan sabun. Atau gunakan shower dengan pengatur waktu. Jadi saat waktu habis, air tidak akan terbuang sia-sia. 

Gunakan sistem daur ulang air

Anda bisa menyimpan air hujan dan menggunakannya untuk flush toilet. Namun sistem ini membutuhkan biaya yang mahal. 

Baca Juga: Tips dan Hal yang Perlu Anda Perhatikan Untuk Membangun Rumah Lantai Mezzanine

Sirami tanaman secara efisien

Anda dapat menghindari penggunaan selang secara terus-menerus untuk menyirami tanaman hingga terlihat seperti ada kubangan air. Sebaiknya sirami secara manual menggunakan ember dan ciduk, serta sirami secukupnya saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News