Keluarga

Begini Cara Bikin Rumah Anda Aman dari Pencuri

Begini Cara Bikin Rumah Anda Aman dari Pencuri

MOMSMONEY.ID - Rumah adalah tempat kita semua berlindung. Tak hanya kita dan anggota sebagai penghuni, rumah juga pasti penuh dengan barang berharga. Jadi pasti Anda tidak mau mengalami kemalingan rumah kan? 

Tak hanya barang yang hilang jika rumah Anda kedatangan maling. Ada risiko nyawa Anda dan keluarga juga terancam. Tentunya Anda sudah memiliki kunci rumah yang menjaga tempat tinggal dari pencuri. Setiap anggota keluarga juga tentunya sudah bersikap waspada. Namun ada cara lain untuk lebih meminimalisir risiko kecurian rumah. Yuk intip tips dari Home Design Lover!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Film Bertema Balas Dendam Wajib Ditonton! Seru Semua!

Bangun pagar di sekitar rumah

Meski umumnya rumah pasti memiliki pagar, namun masih ada tempat tinggal yang belum dilengkapi pagar. Apalagi jika rumah tersebut terletak di perumahan yang memiliki satpam. Meski ada satpam di dalam perumahan, pastikan Anda membangun pagar di halaman rumah. 

Anda bisa menggunakan pagar dari besi dengan ujung yang tajam dan cukup tinggi. Ini akan membuat maling sulit memanjat. Jika menggunakan pagar dari tembok, maling akan mudah memanjat. 

Pasang lampu sensor gerak

Anda bisa memasang lampu sensor gerak di halaman, dekat pintu dan di area gelap yang jarang terjamah. Ini memudahkan Anda melihat jika ada pergerakan yang mencurigakan. 

Pangkas pohon yang rimbun

Sering kali maling bisa bersembunyi di atas pohon yang memiliki daun rimbun. Apalagi pohon tersebut memiliki batang yan dekat dengan jendela atau pintu rumah di lantai dua. Anda perlu memotong pohon yang demikian. 

Gunakan brangkas

Pastikan Anda memiliki brangkas di rumah untuk menyimpan surat berharga, perhiasan emas, buku tabungan dan uang tunai yang anda miliki. Pilih brangkas yang memiliki kualitas tinggi. Selain mencegah pencuri mengambil barang berharga Anda, berangkas juga mengurangi risiko barang berharga hangus saat rumah terbakar. 

Gunakan gembok dengan kualitas yang baik

Pastikan garasi dan pagar Anda terkunci saat aktivitas di rumah sedang sedikit seperti saat tidur siang. Gunakan gembok dengan kualitas yang baik yang tidak mudah dibobol maling. 

Tingkatkan penerangan di halaman rumah

Maling akan mudah kelihatan jika rumah Anda terang. Maka perbanyak pencahayaan di halaman rumah dan maling tidak akan berani mendekati Anda. 

Jangan biarkan pintu rumah terbuka dan jangan beri label kunci

Pastikan Anda selalu menutup pintu di rumah dan kunci meskipun Ada ada di rumah. Gunakan kunci gerendel untuk pintu yang ada di luar rumah dan perbarui kunci Anda secara rutin. Pintu yang selalu jadi target pencuri adalah pintu yang paling dekat dengan garasi, sehingga pastikan selalu terkunci. 

Selain itu, jika Anda sering menandai setiap kunci, jangan lakukan itu mulai saat ini. Daripada menulis ini kunci apa, tandai saja dengan warna. Sehingga orang lain tidak akan cepat memahami fungsi masing-masing kunci. 

Baca Juga: Tips dan Hal yang Perlu Anda Perhatikan Untuk Membangun Rumah Lantai Mezzanine

Lengkapi rumah dengan sistem keamanan rumah

Anda bisa melengkapi rumah dengan sensor, alarm dan CCTV yang mudah terhubung dengan aplikasi di handphone Anda. 

Gunakan kaca dan bingkai besi yang aman

Pencuri biasanya melihat kaca jendela adalah tempat paling mudah untuk dibobol. Maka pastikan Anda memiliki jendela kaca yang tebal dan tidak mudah pecah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News