Keluarga

Tips dan Hal yang Perlu Anda Perhatikan Untuk Membangun Rumah Lantai Mezzanine

Tips dan Hal yang Perlu Anda Perhatikan Untuk Membangun Rumah Lantai Mezzanine

MOMSMONEY.ID -Rumah split lantai alias mezzanine memang sedang banyak disukai saat ini, apalagi dengan keterbatasan lahan yang tersedia. Desain rumah split 1.5 lantai ini bisa membantu Anda memaksimalkan fungsi ruangan di rumah yang kecil. Namun tentunya syarat utama bisa memiliki rumah lantai mezzanine Anda harus memiliki langit-langit yang cukup tinggi di rumah. 

Melansir Home Design Lover dan Home Lane, berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan untuk memaksimalkan fungsi dari rumah lantai split!

Baca Juga: Ini Aturan Utama Rumah dengan Lantai Split. Simak Penjelasannya!

Lakukan pengukuran yang tepat untuk lantai mezzanine

Ukuran yang tepat untuk memiliki lantai mezzanine adalah sekitar 5 meter. Pengukurannya, dari lantai utama hingga lantai mezzanine setidaknya ada ukuran sekitar 2 meter untuk Anda bisa bebas bergerak tanpa takut kepala terbentur. Kemudian dari lantai mezzanine ke langit-langit juga sekitar 2 meter. 

Anda juga perlu memperhatikan ketebalan lantai dan bahan penyangga lainnya sekitar 15 cm. Jika rumah Anda tak memiliki ukuran ini, maka menambahkan lantai split justru bukan solusi. 

Fungsikan ruang di bawah lantai split dengan tepat

Ruang di bawah lantai mezzanine ini akan memiliki langit-langit yang rendah. Anda bisa memfungsikannya sebagai ruang penyimpanan, kamar mandi atau area kerja dan belajar di mana Anda sering duduk. Anda juga bisa memfungsikan sebagai dapur. 

Gunakan proporsi yang pas

Jika rumah Anda cukup sempit, Anda hanya bisa membuat lantai split 1.5 lantai lebih kecil. Desain ini membantu Anda terhindar dari desain rumah yang terasa sempit dan aliran udara maupun ruang gerak yang terbatas. Perlu diingat bahwa lantai mezzanine berfungsi memaksimalkan ruangan supaya tetap nyaman dan indah, bukan malah membuat gerak Anda terbatas. 

Pastikan Anda tahu fungsi dari lantai mezzanine

Jangan membuat rumah lantai split hanya karena mengkuti tren. Pastikan Anda tahu akan digunakan menjadi ruangan apa sebelum membangunnya. Setelah tahu kegunaannya, pastikan luas lantai mezzanine sesuai dengan fungsinya. 

Baca Juga: 4 Ide Memaksimalkan Fungsi Rumah Lantai Split! Yuk Intip!

Gunakan kualitas yang baik dan serahkan pada ahlinya

Membuat lantai mezzanine bukan hanya soal keindahannya tetapi juga kualitas material yang baik. Anda harus memikirkan keamanannya. Mungkin Anda perlu bantuan para ahli untuk membuat struktur yang kuat dan aman. 

Gunakan alat-alat yang ringan di atasnya

Jangan meletakan terlalu banyak barang di lantai mezzanine, karena akan telalu berat dan bisa saja melebihi kapasitas. Gunakan furnitur yang ringan, jika tidak Ada akan perlu menambah balok penguat. Selain itu furnitur yang berat akan membuat Anda kesulitan mengangkatnya ke atas. 

Pastikan pencahayaan dan sirkulasi udara cukup baik

Anda bisa menambahkan jendela atau atap transparan di bagian lantai mezzanine untuk membiarkan cahaya matahari dan udara mudah masuk. Sehingga rumah Anda tetap sejuk dan terang. 

Jangan lupa untuk memasang pagar

Ini penting untuk keamanan Anda jika berada di lantai atas lantai split. Pagar yang perlu Anda pasang minimal 90 cm. Ketinggian ini cukup aman untuk anak-anak beraktivitas di lantai mezzanine rumah Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News