Keluarga

Begini Cara Bikin Halaman Rumah Lebih Privat Tanpa Halangi Cahaya Matahari Masuk

Begini Cara Bikin Halaman Rumah Lebih Privat Tanpa Halangi Cahaya Matahari Masuk

MOMSMONEY.ID -  Saat memiliki halaman belakang untuk bersantai, tentu Anda terkadang ingin membuat halaman yang lebih private, biar segala aktivitas Anda jadi tontonan orang-orang. Lalu, bagamana cara bikin halaman rumah lebih privat?

Melansir Homes and Gardens, saat membuat halaman rumah lebih private terkadang yang muncul dalam bayangan adalah halaman rumah yang menghalangi cahaya Matahari masuk atau bahkan membatasi pemandangan langit yang indah. 

Untuk membuat halaman rumah lebih privat, penempatan adalah segalanya. Berikut 5 cara membuat halaman terasa lebih private:

Baca Juga: Sebelum Jual Rumah, Yuk Ikuti 10 Aturan Feng Shui Ini Supaya Cepat Laku

1. Buat pemandangan hijau

Cara membuat halaman rumah lebih private adalah membuat pemandangan hijau dari tanaman yang bisa tumbuh tinggi dan lebar. Menggunakan tanaman sebagai pagar halaman rumah tak hanya menambah kesan estetik dan hangat, tapi juga mendukung kelestarian alam. 

Beberapa jenis tumbuhan yang bisa digunakan untuk menciptakan layar hijau di halaman belakang adalah fagus sylvatica european beech atau pohon beech, tsuga canadensis atau pohon hemlock kanada, dan taxus x media.

2. Pasang pergola untuk membuat halaman lebih private

Menambahkan pergola di halaman Anda bisa membuat suasana lebih private tanpa sepenuhnya menghalangi cahaya Matahari masuk. Anda bisa menanam pohon rambat untuk membuatnya terasa lebih natural. 

Anda juga bisa menggantungkan tirai pada pergola untuk membuat halaman terasa lebih privat. Membangun pergola dengan atap berpalang atau kisi-kisi juga bisa membuat halaman lebih tertutup namun cahaya Matahari tetap bisa masuk. 

Baca Juga: Begini Cara Mudah dan Sederhana Mendekorasi Ulang Dapur Anda

3. Tanam pohon di pot dan letakan di halaman rumah

Cara membuat halaman rumah terasa lebih private tanpa menghalangi cahaya matahari masuk juga bisa dengan menanam pohon tinggi di dalam pot. Pohon-pohon tinggi ini akan menambah efek visual yang menarik dan memberikan tekstur di ruangan luar Anda. 

Anda disarankan menanamnya di pot, sehingga mudah dipindah untuk menyesuaikan bagian mana yang ingin Anda tutup. Salah satu tanaman yang bisa Anda gunakan adalah tanaman bambu. 

4. Buat halaman belakang dengan tambahan tirai

Ada banyak cara untuk memasang tirai di halaman belakang rumah Anda. Untuk membuat kesan halaman yang private tapi tetap dipenuhi cahaya Matahari, Anda bisa memasang tirai yang tipis. 

Memasang tirai di halaman akan lebih cantik jika Anda sudah punya struktur seperti pergola atau gazebo. Untuk membuat udara tak terlalu panas, bisa menggunakan tirai yang terbuat dari linen atau kain lain yang tipis dan ringan. 

Baca Juga: Ingin Mencoba Desain Rumah Sesuai Zodiak, yuk Intip Desain untuk Taurus

5. Coba gunakan pagar tanaman yang ditumpuk tinggi

Pagar tanaman yang terbuat dari tanaman pakis atau lumut bisa menciptakan pemandangan yang indah dan natural. Saat ini, tembok yang dipenuhi dengan pakis juga cukup populer untuk mereka yang tinggal di kota dengan lahan terbatas. 

Untuk hasil yang lebih artistik, Anda bisa menggunakan tanaman ivy atau hydrangea yang merambat. Tanaman hydrangea tidak membutuhkan perawatan khusus dan cukup menarik untuk dipandang. 

Demikian 5 cara membuat halaman terasa lebih private tanpa menghalangi cahaya matahari masuk. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News