Keluarga

Begini Cara Mudah dan Sederhana Mendekorasi Ulang Dapur Anda

Begini Cara Mudah dan Sederhana Mendekorasi Ulang Dapur Anda

MOMSMONEY.ID - Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mendekorasi ulang dapur, yuk, simak cara mudah dan sederhananya.

Dapur adalah salah satu ruangan yang paling sering Anda gunakan di rumah. Tak heran jika Anda mudah bosan dengan dekorasi dapur saat ini.

Jika Anda punya rencana mendekorasi ulang dapur ataumembangun dapur baru, laman Architectural Digest membagikan aturan penting cara mendekor ulang dapur dengan mudah dan bisa Anda terapkan. 

Baca Juga: Ini 5 Ide Desain Rumah Nyaman untuk Para Taurus

Pastikan benda yang harus Anda miliki di dapur

Di dapur, banyak tugas yang harus Anda lakukan. Hal ini jugalah yang membuat Anda akan kesulitan menata dapur yang paling efisien untuk memenuhi semua kebutuhan Anda. Sehingga, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat daftar benda apa yang harus ada di dapur. 

Pertama, cari terlebih dahulu referensi foto desain dapur. Kemudian, pertimbangkan gaya hidup Anda. Dapur untuk Anda yang tinggal sendiri akan sangat berbeda dengan dapur yang difungsikan untuk ruang makan keluarga dan mengerjakan PR anak Anda. 

Setelah itu, buat daftar benda yang akan Anda butuhkan di dapur. Jika Anda menggunakan microwave hanya untuk memanaskan kopi, Anda tak butuh microwave dengan ukuran besar.

Habis itu, pilih benda-benda prioritas Anda. Jika Anda ingin membuat dapur yang kokoh, maka ini prioritas Anda.

Baca Juga: Warna Cat Dinding Apa yang Cocok untuk Furnitur Coklat?

Tentukan tata letak dapur yang Anda inginkan

Sering kali saat ingin mendekorasi ulang dapur, Anda akan lebih tertarik menentukan warna dapur atau hal-hal yang menyenangkan lainnya. Padahal, yang utama saat mendekorasi ulang dapur adalah menentukan tata letaknya.

Dalam menentukan tata letak dapur, bersiaplah untuk mengukur, membuat sketsa denah lantai dan menyesuaikan desain Anda sendiri. Anda bisa mulai dengan membuat segitiga kerja. 

Segitiga kerja ini adalah menentukan tata letak elemen utama di dapur. Tentukan tempat yang ideal untuk wastafel, lemari es dan kompor supaya Anda bisa bergerak secara efisien untuk menyiapkan makanan, memasak dan membersihkan. 

Pikirkan soal wadah penyimpanan

Cara mudah mendekorasi ulang dapur Anda adalah pertimbangkan seberapa besar Anda membutuhkan ruang untuk penyimpanan. Piirkan bagaimana tepatnya Anda akan mengatur barang Anda dengan rapi. 

Jangan terlalu hemat untuk menggunakan lemari atau kabinet. Anda bisa mulai memikirkan sudut kosong yang tidak berguna untuk diisi kabinet sebagai tempat penyimpanan. 

Namun, jangan sampai desain dapur dengan penyimpanan lengkap ini membuat Anda terkungkung. Anda bisa menggunakan model furnitur multifungsi. Misalkan, meja yang bisa dilipat kembali. 

Baca Juga: Ini lo Alasan Penting Menata Pencahayaan di Rumah

Pilih permukaan yang paling tepat dan mudah perawatan

Pertama, Anda harus memiliki bahan countertops dapur Anda yang paling sesuai dengan kebutuhan. Jenis bahan countertops yang berbeda memiliki daya tahan, fungsi dan biaya yang berbeda. 

Anda bisa memilih menggunakan marble karena keindahannya dan tahan panas meski berpori. Anda bisa menggunakan buctcher block karena lebih fungsional namun membutuhkan perawatan reguler dengan pelumas. Anda juga bisa menggunakan baja anti karat . 

Kemudian, pilih bahan lantai yang paling tepat untuk Anda. Sebaiknya, Anda memilih bahan lantai yang lebih praktis.

Lantai kayu dan ubin adalah pilihan yang bagus, namun perlu diperhatikan bahwa ubin lebih mudah dirawat. Apapun pilihan Anda pilih warna yang sesuai dengan kabinet dan countertop Anda. 

Jangan lupakan hal-hal kecil

Jangan lupakan hal-hal kecil seperti penataan lampu, sumber cahaya natural, dan dekorasi kecil yang membuat dapur Anda semakin indah. Hal-hal kecil ini sering kali terlupakan namun jika Anda tambahkan maka dapur terasa lebih hidup. 

Demikian 5 cara mendekorasi ulang dapur dengan mudah dan sederhana. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News