Santai

Beda Rp 13 Juta, Apa Beda Honda PCX dengan PCX e:HEV?

Beda Rp 13 Juta, Apa Beda Honda PCX dengan PCX e:HEV?

MOMSMONEY.ID -  Untuk pasar Indonesia ada tiga varian Honda PCX yang ditawarkan Honda yakni PCX CBS, PCX ABS dan PCX e:HEV. Kendati sama-sama menggendong mesin berkapasitas 160 cc, namun harga jual ketiga varian ini berbeda. Bahkan, khusus PCX e:HEV memiliki perbedaan Rp 13 juta dibandingkan varian PCX CBS.

Lalu apa sih yang membedakan PCX e:HEV dibandingkan dengan varian lainnya, Usut punya usut, PCX e:HEV merupakan model yang di rilis diJepang dan Thailand dan merupakan varian hybrid. Fitur dan teknologi yang lebih anyar membuat PCX e:HEV dibanderol jauh lebih mahal.

Baca Juga: Sudah Tahu Belum, Ini Cara Beli Solar Subsidi dan Pertalite Dengan MyPertamina!

Baterai Lithium Ion

Karena berteknologi hybrid, maka selain mesin eSP+ berkapasotas 160 cc dan SOHC 4 katup, baterai lithium-iom 50,4 volt 4 ampere juga disematkan pada varian e:HEV. Daya ini untuk memutar ACG starter yang berfungsi sebagai motor assist untuk menambah tenaga ketika berakselerasi.

Power Drive Unit (PDU)

Fungsi fitur ini adalah mengatur bukaan gas, putaran motor assist pada ACG starter yang terhubung dengan roda penggerak agar berputar lebih cepat. Saat gas dipuntir maka ada tambahan dorongan 1,7 dk dan torsi 4,3 Nm pada 3.000 rpm. Ketika gas dilepas maka PDU akan membuat sistem chargin control untuk mengubah putaran ACG starter untuk mengisi daya baterai.

Baca Juga: Mau Beli Honda ADV 150? Yuk, Cek Harga Jual Terbarunya

Bagasi 24 Liter

Berbeda dengan PCX CBS dan ABS yang memiliki bagasi berkapasitas 30 liter, varian e:HEV justru memangkas luas bagasi menjadi hanya 24 liter saja. Hal ini karena adanya baterai lithium ion yang ditanam pada bagasi motor sehingga mempersempit ruang yang ada.

Mode Berkendara

e:HEV menawarkan dua mode berkendara yakni D untuk menghemat bahan bakar dan mode S untuk mendapatkan tenaga maksimal. Uniknya kedua mode berkendara itu bisa digunakan baik pada kondisi idling stop system motor hidup maupun mati.

Nah, tertarik memboyong Honda PCX e:HEV? Yuk simak harga terbarunya berdasarkan situs astra-honda.com per Kamis (30/6):

  • Honda PCX CBS                 Rp 32.079.000
  • Honda PCX ABS                 Rp 35.510.000
  • Honda PCX e:HEV            Rp 45.045.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News