ads

Bau Ini Bisa Mengusir Tikus, Coba Pakai di Rumah!

Reporter: Kania Paramahita
Minggu, 26 Juni 2022 | 13:10 WIB
 Bau Ini Bisa Mengusir Tikus, Coba Pakai di Rumah!


MOMSMONEY.ID - Sudah bukan rahasia lagi bila keberadaan tikus di rumah sangat mengganggu dan merugikan manusia.

Pasalnya, selain kerap menggigiti makanan sisa, tikus juga bisa merusak furnitur dan kabel rumah. Belum lagi potensi penyakit yang dibawa lewat kotoran tikus yang bertebaran di rumah.

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengusir tikus dari rumah Anda.

Karena tikus memiliki indera penciuman yang sangat tajam, salah satu cara tersebut adalah dengan menggunakan bau tertentu yang tidak mereka sukai. Apa sajakah bau yang dimaksud? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Baca Juga: Bingung Memilih Warna Keramik Dapur? Ini Rekomendasinya

Kapur barus

Dikutip dari Rentokil, butiran-butiran kapur barus mengandung bahan bernama naphthalene yang terkenal ampuh untuk mencegah dan mengusir tikus. Letakkan beberapa butir kapur barus di area-area yang sering dimasuki atau dilewati tikus untuk mencegah mereka datang kembali.

Peppermint

Bau peppermint yang tajam memiliki sifat yang dapat mengacaukan indera penciuman tikus, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengusir mereka. Anda bisa menggunakan essential oil peppermint atau menanam tanaman mint di pekarangan rumah.

Cabai

Melansir penjelasan dari Pest Pointers, cabai memiliki kandungan bernama capsaicin yang berfungsi untuk memberikan sensasi pedas ketika dikonsumsi atau dihirup. Anda bisa mencampurkan bubuk cabai dengan air (atau air rendaman cabai), lalu semprotkan ke area-area yang kerap dihinggapi oleh tikus di rumah.

Baca Juga: 5 Ide Penggunaan Keramik Bermotif Pada Interior, Rumah Tampak Hidup

Kopi

Bubuk kopi memiliki aroma pahit yang bisa digunakan untuk mencegah kedatangan tikus. Jika Anda baru menyeduh kopi tubruk (tanpa gula), simpan ampasnya dan letakkan di wadah, lalu tempatkan di area-area yang biasa dilewati tikus. Anda juga bisa menaburkan bubuk kopi di pekarangan untuk mencegah tikus datang ke halaman rumah.

Cengkeh

Cengkeh memiliki bau rempah-rempah yang tidak disukai tikus. Untuk mencegah kedatangan tikus, bungkus beberapa butir cengkeh dengan kain bersih, lalu tempatkan di area-area tertentu di rumah. Alternatifnya, Anda bisa meneteskan essential oil cengkeh pada bola-bola kapas.

Baca Juga: 4 Masalah Umum di Rumah Saat Musim Kemarau, Yuk Waspada!

Eukaliptus

Tanaman yang berasal dari Australia ini ternyata dapat digunakan untuk mencegah dan mengusir tikus, lo. Caranya, teteskan minyak eukaliptus sebanyak 10-15 tetes ke dalam 1 cangkir air bersih, lalu campur dan tuang ke botol semprot. Semprotkan campuran tersebut ke area-area yang biasa dilewati oleh tikus.

Sereh

Sereh sudah lama dikenal sebagai tanaman yang memiliki bau harum. Namun, bau sereh ternyata tidak disukai tikus sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengusir mereka. Anda bisa menggunakan essential oil aroma sereh yang dilarutkan dengan air, lalu semprotkan ke area yang biasa dilewati tikus.

Itulah beberapa bau yang tidak disukai oleh tikus. Semoga penjelasan di atas bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER