HOME, Keluarga

Banyak Digunakan di Rumah, Ini Cara Merawat Lantai Keramik Supaya Tetap Cantik

Banyak Digunakan di Rumah, Ini Cara Merawat Lantai Keramik Supaya Tetap Cantik

MOMSMONEY.ID - Dari semua jenis lantai rumah yang tersedia di pasaran, lantai keramik termasuk yang paling populer digunakan di Indonesia.

Dikutip dari 99.co, bahan lantai yang terbuat dari tanah liat yang dibakar dan diberi glasir ini banyak disukai di Indonesia karena termasuk murah dan mudah untuk didapatkan. Selain itu, lantai keramik juga memiliki banyak pilihan warna dan tekstur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Sebenarnya, keramik termasuk jenis lantai yang daya tahannya cukup bagus dan bersifat low maintenance. Namun, tetap saja Anda harus merawatnya secara telaten supaya lantai keramik tetap terlihat cantik walaupun sudah bertahun-tahun digunakan.

Ingin tahu bagaimana cara merawat lantai keramik? Dilansir dari Specialty Kitchen dan Build Direct, berikut tipsnya.

Baca Juga: Inspirasi Ruang Keluarga Bergaya Retro yang Stylish dan Penuh Warna

Sapu dan pel secara rutin

Kotoran yang bertebaran di rumah bisa menggores lantai keramik jika bergesekan dengan kaki atau barang berat lainnya, sehingga Anda perlu membersihkan lantai secara rutin. Sapu atau vacuum lantai untuk menyingkirkan debu, lalu pel supaya lantai keramik makin bersih dan kesat.

Hindari menggunakan alat kebersihan yang abrasif

Tidak hanya kotoran, alat kebersihan yang kasar atau abrasif juga dapat menggores permukaan lantai keramik dan mengurangi kecantikannya. Misalnya, jangan gunakan sapu, sikat, atau ujung vacuum yang terlalu kasar. Gunakan kain pel berbahan kain yang lembut dan mudah menyerap air, sehingga tidak membuat lantai becek.

Gunakan produk pembersih yang lembut

Pada dasarnya, Anda bisa menggunakan produk pembersih biasa seperti cairan pel atau multipurpose cleaner untuk membersihkan lantai keramik. Namun, sebisa mungkin hindari produk pembersih yang mengandung bahan kimia keras karena dapat merusak dan mengubah warna lantai keramik Anda.

Baca Juga: Mencuci Baju Bayi Tak Boleh Sembarangan, Simak Tipsnya di Sini

Gunakan keset atau karpet

Supaya terhindar dari kotoran di luar rumah, selalu gunakan keset di pintu rumah Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan karpet di ruang-ruang tertentu untuk meminimalisir gesekan kaki dengan lantai, misalnya di ruang keluarga atau kamar.

Jangan geser furnitur

Gesekan antara furnitur yang berat dengan lantai juga berpotensi menggores lantai keramik dan membuat permukaannya tidak halus lagi. Jadi, hindari menggeser-geser furnitur dan selalu angkat saat akan memindahkannya. Sebagai tambahan, Anda bisa menggunakan bantalan pelindung pada bagian bawah furnitur untuk meminimalisir gesekan.

Nah, itulah beberapa tips untuk merawat lantai keramik supaya penampilannya tetap terjaga. Bagaimana, mudah kan? Intinya, hindarkan permukaan lantai dari gesekan dan bersihkan lantai secara rutin.

Selamat mencoba!

Selanjutnya: Inspirasi Ruang Keluarga Bergaya Retro yang Stylish dan Penuh Warna

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News