Santai

Bah! Sedap Kali Soto Medan Kuah Santan di Soto Medan Pak Syamsuddin

Bah! Sedap Kali Soto Medan Kuah Santan di Soto Medan Pak Syamsuddin

MOMSMONEY.ID - Mari, menikmati nikmatnya soto medan kuah santan di Soto Medan Pak Syamsuddin yang ada di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Bekas Bandara Kemayoran, Jakarta, tak hanya menyimpan kenangan saja. Lokasi bekas lapangan terbang itu juga menyimpan banyak rahasia kuliner yang mampu menggoyang lidah. 

Salah satunya adalah Soto Medan Pak Syamsuddin, yang sudah berdiri sejak 1930, jauh sebelum Indonesia Merdeka.

Soto legendaris ini mula-mula berdiri di kota Medan tahun 1930. Karena banyak permintaan untuk buka di Jakarta, Syamsudin akhirnya memutuskan membuka cabang di Jakarta tahun 1982. 

Cabang pertama itu berdiri di salah satu ruko di kawasan Kemayoran.   

Puluhan tahun melayani lidah konsumennya di ruko, Soto Medan Pak Syamsuddin pindah ke lokasi baru yang masih berada di Kemayoran, media tahun 2016. 

Baca Juga: 7 Street Food Jepang yang Jarang Didengar, Wajib Anda Coba Saat Berlibur ke Jepang

Meski demikian, tak sulit mencari warung soto ini. Cukup pakai peta digital, Anda bisa mendatanginya. 

Namun sesampai di alamat, jangan kaget karena kedai ini tidak berdiri sendiri. Lokasinya ada di kompleks food court. Selain soto, ada pula  kuliner sunda dan kedai kopi.

Usai memutuskan masuk ke food court, tiga orang pramusaji langsung menawarkan aneka pilihan menu yang dipilih. Semua informasi menu terpampang jelas di etalase. 

Ada aneka pilihan soto di sana, ada soto  topping ayam, soto topping daging, campur dan jeroan.

Selanjutnya, pramusaji menawarkan tempat duduk yang nyaman untuk  bersantap. Karena konsepnya food court, tentu terbilang nyaman untuk makan bahkan nongkrong. Hijaunya aneka tanaman yang tertata rapi juga menambah khusyuk suasana bersantap.

Usai melayani pesanan dari salah satu pengemudi Gojek, pramusaji dengan sigap menyanyikan pesanan soto medan. Tak lama, pesanan satu porsi soto medan dengan topping ayam tersaji di meja.

Baca Juga: Resep Hotteok si Jajanan Kaki Lima Ala Korea, Krispi di Luar Meleleh di Dalam

Di samping soto juga disajikan seporsi daging ayam di piring kecil yang menjadi topping. Selain ayam ada paru, babat dan usus sapi, tergantung selera. 

Jika doyan daging sapi, dianjurkan memesan soto medan daging campur yang terdiri dari daging sapi, jeroan yang dicemplungkan ke dalam kuah santan. Terbayangkan betapa menggodanya soto medan ini.

Berbeda dengan soto di Jawa, soto medan memiliki kuah kental karena memakai santan kelapa. Tampilan kuah santan dihiasi daun bawang dan seledri, yang memperkuat aroma khas soto medan menohok karena direbus dengan kapulaga.

Tak lupa, sebuah perkedel di piring terpisah langsung nyemplung ke dalam kuah soto.  

Sruppp..bah gurihnya! Rasa santan berbumbu seakan menyatu dengan aroma kapulaga. Agar rasanya bisa lebih kaya, Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis dan sambal yang telah disajikan. Dus, gurih, asam dan pedas menyatu dalam satu mangkok. 

Untuk seporsi soto medan ini, Anda cukup merogoh kocek Rp 35.000. Jika ingin mendapat tambahan topping, baik itu ayam, daging atau jeroan, Anda harus menambah lagi dana Rp 27.000 per porsi. 

Jika datang dengan perut keroncongan, pilihan menambah topping layak dilakukan. 

Baca Juga: Resep Brigadeiros, Bola-Bola Cokelat Meses Ala Brasil yang Lembut dan Manis

Selain topping daging, juga ada teman sejawat soto medan yang harus ikut. Namanya emping melinjo, rasanya pahit namun berubah unik saat bersua kuah soto medan bersantan. 

Wajar jika pelanggan ramai bersantap ke kedai ini. "Dalam sehari habis  150-200 mangkok," kata pramusaji yang melayani konsumen  mulai pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Dari Pematang Siantar

Keunikan lain bersantap di Soto Medan Pak Syamsuddin adalah, adanya minuman Cap Badak dari seberang. 

Cap Badak adalah minuman karbonasi yang diproduksi PT Pabrik Es Siantar. Pabrik ini tuanya hampir sama dengan Soto Medan Pak Syamsuddin, karena sudah berdiri sejak 1916.

Cap Badak diproduksi dari pabrik yang berlokasi di Pematangsiantar, Medan. Minuman ini lama dikenal sebagai minuman ikonik dari wilayah Sumatra Utara. 

Citarasa badak ini akan semakin nikmat jika disantap dingin atau disiram ke dalam es dalam gelas.

Glek-glek, rasa segar es dengan Cap Badak langsung mengalir di kerongkongan dan menepis rasa pedas di ujung bibir dan mulut. 

"Cap Badak kami datangkan langsung  dari Pematangsiantar," kata Suprihatin, yang merupakan menantu dari almarhum Syamsuddin. 

Untuk satu botol  Cap Badak ini, Anda cukup mengeluarkan  Rp17.000. Harga  tak bohong,  karbonasi cap Badak lembut sampai di lidah.     

Soto Medan Pak Syamsuddin
Jl Angkasa No.32, RT.10/RW.3, Gn. Sahari Sel., Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat Jakarta 10610
HP: 0813 8750 1379
Koordinat GPS: -6.1573141,106.845

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News