Keluarga

Bagaimana Cara Merencanakan Pernikahan Tanpa WO? Yuk Intip Jawabannya

Bagaimana Cara Merencanakan Pernikahan Tanpa WO? Yuk Intip Jawabannya

MOMSMONEY.ID - Merencanakan pernikahan sendiri tanpa WO kini mulai banyak dilirik lantaran lebih hemat biaya. Tapi, bisa membuat Anda jadi mudah stres. Yuk, cari tahu cara tepat merencanakan pernikahan sendiri tanpa WO

Saat merencanakan pernikahan, tentu banyak sekali hal yang harus Anda pikirkan. Mulai dari hal besar seperti konsep acara dan tamu undangan hingga hal-hal detil semisal jadwal acara, pemilihan vendor, dan panitia acara. 

Saking banyaknya hal yang harus Anda pikirkan, banyak yang lebih menggunakan jasa wedding organizer (WO). Padahal, Anda bisa, lo, merencanakan pernikahan sendiri tanpa WO. 

Baca Juga: Selamat Hari Valentine! Ini 4 Cara Menjaga Hubungan Pernikahan Tetap Sehat

Melansir Brides, ada lima cara merencanakan pernikahan sendiri tanpa WO. Mulai dari membuat budgeting atau rencana anggaran pernikahan hingga pemilihan panitia serta vendor. 

Cara merencanakan pernikahan tanpa WO

1. Buat rencana anggaran pernikahan dan ikuti dengan tegas

Rencana anggaran pernikahan menjadi kunci utama atas segala keputusan yang akan Anda ambil. Jika ada keluarga yang akan membantu, tanyakan berapa kira-kira jumlah bantuannya.

Tapi, jika akan membayar sendiri bersama pasangan, maka Anda harus cukup tegas dengan anggaran Anda. 

Selain itu, saat membuat rencana anggaran, pastikan Anda memiliki sisa bujet untuk pengeluaran tak terduga. Anda bisa menyiapkan anggaran lebih sekitar 10%-15% dari anggaran awal. 

2. Buat daftar prioritas perencanaan pernikahan

Cara merencanakan pernikahan tanpa WO selanjutnya adalah diskusikan dengan pasangan Anda mengenai 3 hal yang paling dalam pernikahan Anda. Apakah soal lokasi, tanggal tepat, fotografer, dan lainnya.

Tiga hal yang Anda utamakan ini perlu menjadi prioritas. Sehingga, hal lainnya bisa Anda kompromikan. 

Baca Juga: Jangan Buta Akan Cinta, Ketahui 6 Tanda Belum Siap Menikah yang Jarang Disadari

3. Pastikan tema dan gaya dan konsep pernikahan Anda

Lakukan riset inspirasi pernikahan yang paling cocok dengan Anda. Kemudian, pilih beberapa dengan membuat mood board atau papan yang mengumpulkan seluruh inspirasi yang Anda inginkan. 

4. Lakukan pencatatan setiap rencana yang Anda inginkan

Cara merencanakan pernikahan tanpa WO selanjutnya adalah membuat daftar rencana yang Anda inginkan. Mulai dari data budget hingga daftar undangan di satu tempat yang sama. 

5. Libatkan pasangan Anda dalam segala hal

Dalam merencanakan pernikahan tanpa WO, Anda harus melibatkan pasangan dalam membuat keputusan. Saking banyaknya hal yang harus Anda pikirkan, terkadang Anda lupa akan pendapat pasangan Anda.

Padahal, berdiskusi bersama pasangan bisa meringankan beban Anda, lo.

Baca Juga: Jangan Salah Pilih, Cari Tahu Arti Warna Bunga Mawar Berikut Ini

6. Mulai buat daftar tamu undangan

Cara merencanakan pernikahan tanpa WO lainnya adalah membuat daftar tamu undangan. Silakan diskusikan bersama pasangan dan keluarga  mengenai siapa saja yang perlu diundang.

Lalu, sesuaikan dengan bujet makan dan suvenir yang harus Anda sediakan. 

7. Jangan lupa meminta saran dari teman Anda yang sudah menikah

Cara merencanakan pernikahan tanpa WO yang satu ini berguna bagi Anda untuk mendapatkan tips dan trik mulai dari vendor yang paling bagus dan paling murah, hingga hal-hal apa saja yang bisa Anda lewatkan dan utamakan. 

8. Mulai tentukan lokasi yang Anda inginkan

Lakukan riset lokasi yang Anda inginkan. Cari tahu mengenai harga sewa, paket yang disediakan, dan hal lain seperti aturan yang mereka miliki. Kemudian, pilih yang paling tepat dengan Anda dan bujet Anda. 

Baca Juga: Menarik Dicoba! Pahami Urutan Skincare Korea Metode Skip Care yang Mudah

9. Hanya gunakan vendor yang Anda percaya

Dalam merencakan pernikahan sendiri tanpa WO, Anda perlu memilih vendor. Anda bisa pilih vendor yang paling Anda percaya.

Mulai dari vendor make up, dekorasi, sewa gaun, katering, hingga vendor lain yang Anda perlukan. Jangan lupa baca seluruh kontrak dengan vendor, ya.

Sisanya, Anda perlu memilih pemuka agama, cincin pernikahan, dan mobil pengantin yang Anda butuhkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News