Keluarga

Jangan Buta Akan Cinta, Ketahui 6 Tanda Belum Siap Menikah yang Jarang Disadari

Jangan Buta Akan Cinta, Ketahui 6 Tanda Belum Siap Menikah yang Jarang Disadari

MOMSMONEY.ID - Sedang diburu-buru menikah oleh keluarga besar? Jangan korbankan masa depanmu! Baca dulu sederet tanda belum siap menikah seperti yang berikut ini.

Sebelum memutuskan untuk menikah, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, salah satunya dari segi mental & psikis. Sayangnya, usia yang matang tak menjamin kedewasaan mental & psikis.

Meski secara usia dapat dikatakan matang, namun ada banyak orang yang masih mengalami tanda belum siap menikah. Apa sajakah tanda-tandanya? Melansir dari laman Marriage dan Essence, simak yang berikut ini.

Baca Juga: Menjelang Hari Valentine, Ini 7 Nasihat Pernikahan yang Patut Anda Simak

Punya trust issue

Orang-orang yang mengalami trust issue atau masalah kepercayaan dianggap sebagai salah satu tanda belum siap menikah.

Trust issue bisa terjadi pada siapa saja. Orang-orang yang mengalaminya akan kesulitan untuk dapat mempercayai siapapun, bahkan calon pasangannya sendiri, disebabkan karena pernah mengalami sebuah trauma ataupun pengalaman tak menyenangkan di masa lalu, misalnya seperti dikhianati.

Orang-orang yang mengalami trust issue akan membuat hubungan jadi penuh gejolak, karena bagaimanapun juga tidak ada hubungan yang bisa bertahan tanpa rasa kepercayaan.

Tapi tenang, Anda bisa menangani hal ini dengan pergi ke psikolog/psikiater.

Baca Juga: 7 Tips Cepat Keringkan Jemuran Basah Saat Musim Hujan, Anti Bau Apek!

Waktu pacaran yang sebentar

Tanda Belum Siap Menikah

Waktu pacaran yang terlalu singkat juga dapat dikatakan sebagai salah satu tanda belum siap menikah.

Melansir dari essence.com, ada kategori di mana lama berpacaran menjadi penyebab perceraian pada pasangan.

Sebagian penelitian menunjukkan bahwa jika Anda & pasangan berpacaran dalam waktu kurang dari 2 tahun dan langsung memutuskan menikah, maka persentase tingkat perceraian yang dialami akan jauh lebih tinggi daripada pasangan yang berpacaran lebih dari 2 tahun.

Yang unik, studi ini juga mengungkap bahwa berpacaran terlalu lama (lebih dari 5 tahun) juga memiliki persentase perceraian yang sama tingginya.

Baca Juga: Rayakan Hari Valentine Bersama Keluarga, Ini 7 Ide Kado Valentine untuk Orang Tua

Hubungan tidak kuat

Tanda belum siap menikah salah satunya adalah memiliki hubungan yang tidak kuat. Hubungan ini mencangkup nilai-nilai diri seperti tipe kepribadian, komunikasi, resolusi konflik, hingga tingkat ego masing-masing,

Hal-hal ini merupakan pilar utama terbangunnya sebuah pernikahan yang kokoh. Jika hal-hal tersebut belum cukup kuat, disarankan untuk tidak menikah terlebih dahulu.

Jangan lupa untuk selalu mencari cara mengatasi segala perbedaan yang hadir di setiap hubungan.

Baca Juga: Pasutri Wajib Tahu, Ini 5 Makanan yang Menghambat Kesuburan Bikin Susah Hamil

Belum siap berkompromi

Salah satu tanda belum siap menikah adalah jika Anda belum siap berkompromi mengenai segala hal.

Dalam hubungan pernikahan, hal yang paling dihindari adalah sikap egois atau fokus hanya pada diri sendiri. Sebaliknya, sikap saling mengalah dan memilih jalan tengah dengan berkompromi menjadi satu-satunya cara membuat hubungan pernikahan makin erat.

Jika Anda atau pasangan masih sama-sama saling egois, sebaiknya hindari dulu pernikahan.

Baca Juga: Bikin Perut Jadi Rata, Ikuti 7 Cara Mengatasi Perut Buncit Akibat Lemak dan Genetik

Belum nyaman berbagi rahasia

Pasangan

Kenyamanan adalah kunci sebuah pernikahan. Apabila Anda belum nyaman berbagi rahasia tergelap kepada pasangan, maka itu bisa jadi sebagai tanda belum siap menikah.

Bersikaplah terbuka pada pasanganmu sejak sebelum menikah, baik dari segi ekonomi hingga kesehatan. Jika Anda & pasangan saling menerima apa adanya, maka pernikahan bisa dilangsungkan.

Jangan menutup-tutupi segala sesuatu karena akan memicu konflik di masa yang akan mendatang.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 5 Cara Mengelola Waktu Bagi Wanita Karir yang Berumah Tangga

Belum pernah bertengkar

Pasangan yang bahagia bukanlah pasangan yang belum pernah bertengkar sama sekali, melainkan pasangan yang bertengkar dengan cara yang “cerdas”.

Ada banyak pasangan yang lebih suka menghindari pertengkaran dengan terus menerus mengalah. Namun sebetulnya, ini malah akan memicu konflik di masa depan. Ini juga bisa menjadi tanda belum siap menikah.

Jika salah satu dari Anda terus-menerus mengalah pada yang lain, maka bibit kebencian akan tumbuh berkembang dalam hubungan.

Baca Juga: Pasutri Harus Sadar, Ini Bentuk-Bentuk KDRT yang Jarang Disadari

Pasangan yang bahagia biasanya belajar mengomunikasikan setiap keluhan dengan cara sebaik mungkin, dengan mempertimbangkan dari sudut pandang & kepuasan pasangan.

Untuk bisa pada tahap ini, cobalah pergi bersama ke konselor pernikahan agar Anda & pasangan dapat menangani konflik dengan cara yang cerdas.

Bacalah sederet tanda belum siap menikah seperti yang ada di atas. Dan jika tanda-tanda tersebut sedang Anda alami, maka sebaiknya hindari rencana menikah dalam waktu dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News