HOME, Keluarga

Awas! Jangan Beri Anjing 6 Jenis Makanan Ini Karena Beracun

Awas! Jangan Beri Anjing 6 Jenis Makanan Ini Karena Beracun

MOMSMONEY.ID - Anjing bukanlah karnivora sejati. Meski umumnya mereka memakan daging, tetapi beberapa makanan lain dapat dicerna dengan baik dan bahkan memiliki manfaat untuk kesehatan mereka.

Misalnya, buah dan sayuran. Namun, ada juga makanan yang berbahaya dikonsumsi anjing. Inilah yang harus pemilik ketahui.

Beberapa makanan manusia ternyata mengandung toksisitas yang dapat berakibat fatal untuk anjing. Maka, penting bagi Anda untuk selalu mengecek dan mempelajari makanan apa yang aman dan berbahaya untuk anjing Anda.

Untuk membantu Anda, dilansir dari ASPCA, berikut 6 makanan manusia yang sangat beracun untuk anjing.

Baca Juga: Mengenal Kondisi Megakolon yang Dialami Kucing

Cokelat

Cokelat mengandung zat yang disebut methylxanthines, yang ditemukan di dalam biji buah kakao.

Ketika tertelan oleh hewan peliharaan, methylxanthines dapat menyebabkan muntah dan diare, terengah-engah, serta rasa haus berlebihan.

Selain itu, buang air kecil tidak normal, hiperaktif, irama jantung abnormal, tremor, kejang, dan paling serius adalah kematian.

Cokelat yang mengandung zat methylxanthines adalah cokelat yang lebih gelap (murni) daripada cokelat susu. Akan tetapi, cokelat kue juga mengandung methylxanthines paling tinggi.

Bawang

Semua jenis bawang tidak hanya beracun bagi kucing, tetapi juga anjing. Ini termasuk bawang putih, bawang merah, daun bawang, bawang bombai, dan segala masakan olahan yang mengandung bawang.

Bawang putih dapat menyebabka anemia pada anjing, menyebabkan efek samping seperti gusi pucat, peningkatan denyut jantung, kelemahan, dan kolaps. Ini juga dapat menyebabkan iritasi gastrointestinal dan kerusakan sel darah merah.

Kacang Macadamia

Kacang macadamia paling beracun untuk anjing. Ini dapat menyebabkannya muntah, peningkatan suhu tubuh, ketidakmampuan berjalan, lesu, pembengkakan, dan paling parah dapat memengaruhi sistem saraf.

 Tanda-tanda ini biasanya muncul dalam waktu 12 jam setelah konsumsi dan dapat berlangsung sekitar 24 hingga 48 jam.

Baca Juga: Anda Harus Tahu, Ini Dia Daftar Buah-buahan yang Aman Dikonsumsi Hamster

Garam dan Makanan Ringan Asin Lainnya

Mengonsumsi garam dan makanan asin lainnya dalam jumlah besar, dapat menyebabkan anjing merasa haus dan buang air kecil berlebihan. Mereka bahkan dapat mengalami keracunan ion natrium.  

Tanda-tandanya termasuk munta, diare, depresi, tremor, suhu tubuh meningkat, kejang, hingga kematian.

Hindari untuk memberi anjing makanan-makanan seperti keripik, popcorn, dan makanan masakan dengan perasa garam.

Zat Xylitol

Xylitol merupakan pengganti gula yang terdapat dalam produk makanan, seperti permen, permen karet, makanan yang dipanggang, dan bahkan selai kacang.

Hal ini yang harus Anda perhatikan saat memilihkan produk selai kacang untuk dikonsumsi anjing karena mereka menyukainya.

Jika Anda tidak mengecek kandungan selai kacang yang mengandung xylitol, ini dapat menyebabkan pelepasan insulin pada sebagian besar spesies, yang dapat menyebabkan gagal hati.

Pelepasan isulin juga dapat menyebabkan hipoglikemia (menurunkan kadar gula). Tanda-tanda keracunannya adalah muntah, lesu, kejang, peningkatan enzim hati, dan gagal hati dalam beberapa hari.

Anggur dan Kismis

Belum diketahui bahan aktif apa yang menyebabkan anggur dan kismis beracun untuk anjing.

Namun, keduanya dapat menyebabkan gagal ginjal. Hindari untuk memberikannya kepada anjing Anda, bahkan dalam produk makanan campuran seperti biskuit dan sereal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News