Bugar

ASI Dijamin Deras! Ini 5 Makanan Pelancar ASI yang Bisa Dicoba

ASI Dijamin Deras! Ini 5 Makanan Pelancar ASI yang Bisa Dicoba

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa makanan pelancar ASI yang bisa dicoba oleh Moms dan dijamin ASI bisa langsung deras.

Makanan pelancar ASI perlu untuk dikonsumsi ketika Anda sedang masa menyusui untuk membantu melancarkan ASI dan bisa memenuhi kebutuhan cairan eksklusif untuk anak.

Hal ini penting agar bayi terpenuhi nutrisinya, terlebih ketika Anda berencana memberikan ASI eksklusif untuk buah hati. 

Agar ASI eksklusif berjalan dengan lancar, ada baiknya Anda mengetahui berbagai makanan pelancar ASI. 

Jangan sampai rencana menyusui berhenti di tengah jalan karena ASI yang tidak mengalir dengan deras dan malah menimbulkan masalah lainnya. 

Ada kalanya, ASI terasa seret dan sebelum itu terjadi, Anda bisa mulai rutin mengonsumsi makanan pelancar ASI agar ASI kembali banyak. 

Baca Juga: Dukung Tumbuh Kembang Anak, Inilah 5 Manfaat Buah Naga yang Bisa Dirasakan

Dilansir dari Pregnant Education, inilah lima beberapa makanan pelancar ASI yang bisa dicoba oleh Moms dan dijamin ASI bisa langsung deras, antara lain: 

1. Buah semangka

Semangka

Makanan pelancar ASI yang bisa dicoba pertama adalah buah semangka. Buah yang banyak mengandung air ini memberikan asupan cairan lebih ibu menyusui. 

Semangka juga mengandung kalium, asam folat, vitamin A dan C, serta rendah kolesterol dan natrium. Nikmati saat udara panas dan masukkan ke kulkas agar terasa lebih segar. 

Baca Juga: Jangan Langsung Panik! Kenali Penyebab Payudara Sering Nyeri

2. Pare

Cara Bikin Pare Jadi Tidak Pahit

Makanan pelancar ASI yang bisa dicoba kedua adalah pare. Sayur pahit ini ternyata punya fungsi mempercepat produksi ASI. 

Anda bisa mengolahnya menjadi sayuran tumis dengan teri medan dan potongan cabai. Atau yang lebih mudah lagi cukup jus pare mentah dan minum beserta seratnya. 

3. Edamame atau kedelai jepang

Edamamme

Makanan pelancar ASI yang bisa dicoba ketiga adalah edamame atau kedelai jepang. Makanan pelancar ASI yang pertama adalah edamame. 

Edamame atau kedelai Jepang kaya kandungan protein nabati. Edamame juga mengandung zat besi, mangan, vitamin K, asam folat, riboflavin, vitamin C, magnesium, kalium dan fosfor. 

Saat Anda sedang bosan mengonsumsi ikan, daging atau unggas sebagai sumber protein, tentunya bisa mengonsumsi edamame. 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu Nih! Ini 15 Gejala Maag pada Anak yang Sering Disepelekan

4. Bayam hijau atau merah

Smoothies bayam

Makanan pelancar ASI yang bisa dicoba keempat adalah bayam. Tak hanya itu, menyantapnya pun bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan keluarga. Jadi bukan hanya untuk melancarkan ASI saja.  

5. Daun pepaya

Daun pepaya

Makanan pelancar ASI yang bisa dicoba kelima adalah daun pepaya. Daun pepaya mampu mempercepat proses pencernaan protein dalam tubuh. 

Protein inilah yang nantinya akan dibutuhkan saat memproduksi ASI. Makanan-makanan tersebut akan berfungsi jika Anda yakin bahwa Anda bisa dan sanggup menyusui bayi.

Tak hanya itu, karena hormon oksitosin yang berfungsi mengeluarkan ASI, jadi Anda harus terus semangat dan bahagia.

Itulah beberapa makanan pelancar ASI yang bisa dicoba oleh Moms dan dijamin ASI bisa langsung deras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News