Bugar

Dukung Tumbuh Kembang Anak, Inilah 5 Manfaat Buah Naga yang Bisa Dirasakan

Dukung Tumbuh Kembang Anak, Inilah 5 Manfaat Buah Naga yang Bisa Dirasakan

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa manfaat buah naga yang bisa dirasakan untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak.

Pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi hal yang menjadi perhatian utama bagi para orangtua.

Tumbuh kembang anak juga perlu dilakukan pemantauan oleh orangtua agar berjalan sesuai dengan tahapan usianya dan anak terhindar dari gangguan yang mungkin saja terjadi.

Tumbuh kembang anak berjalan cepat pada periode emas di usia 0-3 tahun. Pada tahapan usia ini, anak melakukan proses pembentukan dirinya baik fisik maupun emosional.

Tentu peran orangtua untuk memantau tumbuh kembang berjalan dengan baik. Sehingga, tidak ada salahnya orangtua rutin memberikan stimulasi positif pada anak. 

Pada periode emas, perkembangan otak anak juga berkembang dan bertumbuh dengan cepat dibandingkan waktu lain dalam hidupnya.

Tidak hanya memenuhi kebutuhan gizi serta nutrisi anak, ada faktor lain yang perlu diperhatikan orangtua untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak sesuai dengan usianya.

Baca Juga: Bisakah Kanker Payudara Menyerang Anak? Ini Penjelasannya

Dilansir dari Kids Health, sebaiknya Anda mengetahui cara yang dapat mendukung tumbuh kembang anak di periode emasnya, seperti:

1. Lingkungan memengaruhi tumbuh kembang anak

Dukung tumbuh kembang anak dengan memerhatikan lingkungan yang bisa memengaruhi tumbuh kembangnya menajdi lebih baik. 

Lingkungan yang baik tentu membuat anak memiliki hubungan yang positif dengan orang-orang di sekitarnya.  Situasi lingkungan anak membentuk anak ke depannya.

Hubungan yang positif menjadi pengalaman anak untuk menjalani proses tumbuh kembang pada periode emasnya.

Namun, hubungan yang positif dengan orangtua dan keluarga menjadi hal utama yang perlu dilakukan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak berjalan baik.

2. Lakukan permainan yang menyenangkan

Kedua, dukung tumbuh kembang anak dengan melakukan permainan yang menyenangkan. 

Pada awal pertumbuhannya, pembelajaran yang diberikan pada anak sebaiknya dilakukan sesuai dengan usianya agar anak dapat menerima informasi dengan baik.

Salah satu cara yang bisa dilakukan orangtua adalah belajar sambil bermain. Hal-hal yang menyenangkan lebih mudah diterima oleh anak. 

Berikan anak permainan yang menyenangkan yang membuat ia berkesempatan untuk bereksplorasi, memecahkan masalah, dan belajar dari kondisi yang dihadapi.

Ketika anak mengalami kesulitan, jangan ragu untuk membantu dan mendukung anak. Namun, jangan lupa untuk tetap biarkan anak menemukan cara sendiri untuk mengatasi masalahnya. 

3. Luangkan waktu bersama anak

Dukung tumbuh kembang anak lainnya dengan meluangkan waktu bersama anak. Orangtua sebaiknya luangkan waktu untuk berinteraksi dengan anak.

Interaksi yang baik membantu anak meningkatkan kemampuan bersosialisasi, berkomunikasi, memecahkan masalah.

Dengan meluangkan waktu, orangtua juga lebih menjadi dekat dengan anak. Dengan begitu, orangtua mudah menemukan perubahan atau adanya gejala dari gangguan kesehatan pada anak.

Jika anak mengalami gangguan kesehatan, sebaiknya jangan panik. Tetap tenang dan gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai gejala yang dialami oleh anak.

4. Penuhi kebutuhan gizi

Terakhir, dukung tumbuh kembang anak dengan memenuhi kebutuhan gizinya. Pemenuhan kebutuhan gizi pada anak memengaruhi tumbuh kembang anak.

Tidak ada salahnya untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi sejak anak mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI.

Tiap anak mulai diberikan MPASI sejak menginjak usia 6 bulan dengan tekstur makanan yang lembut. Salah satu buah sehat yang bisa digunakan untuk MPASI adalah buah naga. 

Baca Juga: Tidak Kalah Dengan Buah Naga Merah, Inilah 5 Manfaat Buah Naga Putih untuk Tubuh

Buah naga sudah bisa diberikan sejak anak mulai makan MPASI. Tapi, sebaiknya dimulai dari buah yang berdaging merah karena rasanya cenderung lebih manis.  

Buah dengan warna merah keunguan yang cerah ini dapat menarik perhatian anak. Selain mencerahkan piring dan meja dapur mama, buah naga juga baik untuk kesehatan anak. 

Ini karena kandungannya yang tinggi serat, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin C, zat besi, dan kalsium, dilansir dari Mayo Clinic. 

Dirangkum dari Web MD dan Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa manfaat buah naga yang bisa dirasakan untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak, antara lain:

1. Melancarkan pencernaan

Manfaat buah naga untuk dukung tumbuh kembang anak yang pertama adalah membantu melancarakan pencernaan. 

Dilansir oleh Electronic Journal of Biotechnology, buah naga adalah sumber prebiotik alami yang penting untuk perkembangan bakteri baik di dalam usus serta melancarkan pencernaan. 

Buah yang termasuk dalam golongan kaktus ini juga mengandung cukup banyak serat, sehingga bisa mencegah sembelit pada anak. 

2. Menjaga kesehatan mata anak

Manfaat buah naga untuk dukung tumbuh kembang anak yang kedua adalah menjaga kesehatan mata anak. 

Buah naga yang disajikan untuk anak ternyata juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan mata dan kulit anak.

Hal ini karena dalam buah naga yang dimakan utuh, memiliki banyak kandungan Vitamin A. 

Seperti yang Anda tahu, Vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata anak, dan dapat membantunya dalam melawan segala jenis infeksi.   

3. Menguatkan tulang

Manfaat buah naga untuk dukung tumbuh kembang anak yang selanjutnya bisa menguatakan pertumbuhan tulang. 

Biasanya susu jadi pilihan pertama orang tua untuk memberikan mineral penting yang untuk mendukung kesehatan dan perkembangan tulang. 

Namun, sebenarnya memberikan buah naga yang kaya akan magnesium, kalsium, dan fosfor sekaligus juga baik untuk kesehatan tulang. 

Ketiganya adalah mineral yang berperan penting dalam menjaga kesehatan, kekuatan, dan kepadatan tulang. 

Baca Juga: Wajib Anda Coba, Ini 5 Buah yang Baik untuk Penderita Usus Buntu

4. Buah naga mengandung banyak Vitamin C

Manfaat buah naga untuk dukung tumbuh kembang anak yang berikutnya adalah mengandung banyak vitamin C yang baik untuk tubuh. 

Kandungan Vitamin C dalam buah naga, tiga kali lebih tinggi dari jumlah yang ditemukan pada wortel. Ini membuatnya sangat bagus untuk anak. 

Vitamin ini sangat penting untuk pertumbuhan tulang yang sehat dan perkembangan otot, kulit, dan sistem peredaran darahnya. 

Tak hanya itu, Vitamin C dapat mampu menjaga kekebalan tubuh anak, agar ia tidak mudah terserang penyakit. 

Ketika ia memiliki daya tahan tubuh yang kuat, maka proses penyembuhan luka dan sariawan akan lebih cepat sembuh. 

5. Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat buah naga untuk dukung tumbuh kembang anak yang terakhir adalah menjaga daya tahan tubuh. 

Kandungan vitamin C di dalam buah naga berperan penting untuk meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh anak, khususnya saat pandemi COVID-19 seperti saat ini. 

Selain itu, kombinasi vitamin C dan zat besi pada buah naga juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. 

Zat besi sangat penting bagi anak karena merupakan komponen utama untuk membentuk senyawa hemoglobin.  

Meski memiliki banyak manfaat, buah naga dapat menimbulkan alergi pada sebagian orang.

Bila anak mengalami gatal, ruam, atau bengkak pada area mulut setelah mengonsumsi buah naga, segera hentikan konsumsi buah naga.

Itulah beberapa manfaat buah naga yang bisa dirasakan untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News