Keluarga

Apakah Soda Kue Dapat Memutihkan Pakaian?

Apakah Soda Kue Dapat Memutihkan Pakaian?

MOMSMONEY.ID -  Soda kue adalah bahan masakan yang serbaguna. Tapi apakah soda kue bisa digunakan untuk memutihkan pakaian?

Melansir Homes and Gardens, sebagai agen pemutih, membersihkan pakaian menggunakan soda kue cukup berguna dan ramah lingkungan. Saat ini para ahli pembersihan pakaian bahwa cara di bawah ini aman dicoba dan kapan harus dihindari. 

Baca Juga: Simak Daftar Kegiatan di Rumah yang Paling Banyak Membakar Kalori

Lalu apakah soda kue bisa memutihkan pakaian? Menambahkan soda kue saat mencuci pakaian tidak membuat pakaian menjadi lebih putih seperti menggunakan bahan pembersih kimia. 

Namun menggunakan soda kue saat mencuci pakaian bisa membuat pakaian putih Anda lebih cerah dan menampilkan kembali warna dari baju-baju berwarna Anda yang sudah pudar. 

Ahli pembersihan pakaian Sparkling Penny, Penny Nicholas mengatakan ada kesalahpahaman umum yang mengatakan soda kue dapat memutihkan kembali pakaian yang berwarna putih maka soda kue bisa melunturkan pakaian berwarna hitam dan pakaian warna lainnya. 

“Saat mencuci pakaian, soda kue membantu mengatur tingkat pH pada air supaya tidak terlalu asam. Noda dan bau bisanya bersifat asam, sehingga soda kue menjadi pembersih noda dan penghilang bau yang efektif. Soda kue juga bisa melembutkan air sehingga Anda bisa lebih sedikit memakai detergen,” ungkapnya. 

Soda kue tidak akan tidak akan memutihkan atau mencerahkan pakaian Anda. Namun soda kue akan memberi efek mencerahkan warna. Untuk pemutih, Penny merekomendasikan menggunakan produk pemutih berbahan dasar oksigen. 

Baca Juga: Ini Lo Cara Terbaik Supaya Baju Tidak Kusut Lagi Tanpa Setrika

Secara keseluruhan, soda kue umumnya aman digunakan untuk semua jenis cucian. Namun soda kue dapat memudarkan warna pakaian yang terbuat dari serat alami berbasis protein seperti sutra, wol dan kasmir. kain-kain ini peka terhadap pH sehingga mudah bagi pembersih pH seperti soda kue untuk menghilangkan warnanya. Dari pada menggunakan soda kue di mesin cuci, Anda sebaiknya langsung fokus pada noda di pakaian. 

Lalu apakah soda kue akan merusak warna pada baju?
Soda kue tidak akan merusak warna pada baju selama baju tersebut bukan terbuat dari serat halus seperti wol dan sutra. Bahan sehari-hari seperti poliester atau katun bisa menahan warna ebih baik dari pada bahan-bahan serat halus. Sehingga lebih mudah dicuci dengan soda kue dan air. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News