Keluarga

Apakah Kasur yang Keras Baik Bagi Kesehatan Punggung? Ini Kata Para Ahli

Apakah Kasur yang Keras Baik Bagi Kesehatan Punggung? Ini Kata Para Ahli

MOMSMONEY.ID - Jika Anda sering merasa sakit punggung, mungkin masalahnya ada pada kasur yang Anda gunakan saat ini. Lalu apakah kasur dengan permukaan keras bisa menjadi solusi untuk kesehatan punggung? 

Salah satu penyebab Anda sering merasa sakit punggung adalah tulang belakang tidak tertopang dengan baik. Ini biasanya terjadi karena posisi tidur yang kurang tepat, berat badan dan jenis kasur yang Anda gunakan.

Baca Juga: Beragam Manfaat Buah Stroberi untuk Kecantikan Kulit, Bisa Memudarkan Bintik Hitam!

Melansir Homes and Gardens, berbanding terbalik dengan keyakinan umum ternyata kasur dengan permukaan yang keras tidak selalu baik untuk punggung. Sebab kondisi punggung juga tergantung pada gaya tidur Anda. 

Kasur yang keras dapat mendistribusikan berat badan Anda secara merata atau memberi tekanan terlalu banyak pada pinggul, bahu dan leher. Menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman. 

Untuk memastikan apakah kasur dengan permukaan keras bagus untuk kesehatan punggung, ini kata para ahli. Jadi, untuk mengetahui apakah kasur dengan permukaan keras adalah pilihan yang tepat Anda perlu mengetahui dulu gaya tidur Anda. 

Untuk memastikan Anda tidur tanpa rasa nyeri dan rasa sakit semua tergantung pada seberapa baik tulang punggung Anda ditopang. Dan ini akan berbeda jika Anda tidur dengan gaya menyamping, terlentang atau tengkurap. 

Sleep Specialist & Counselir TEMPUR Thomas Reisenhus mengatakan kasur dengan permukaan yang keras tidak selalu bisa menopang tulang punggung dengan maksimal. Kasur dengan permukaan keras bekerja paling baik untuk tidur telentang karena penting untuk menjaga sedekat mungkin punggung Anda dengan kasur. Celah yang tercipta membuat punggung Anda tak tertopang dengan baik. 

Namun jika Anda sering tidur menghadap samping sebaiknya gunakan kasur dengan permukaan yang memiliki kelembutan sedang. Adapun orang yang sering tidur dengan tengkurap membutuhkan lebih banyak bantalan sehingga pilih kasur yang empuk.

Baca Juga: Ini Kata Dokter Soal 5 Kebiasaan Tidur Perempuan yang Dianggap Berbahaya

Lalu kasur jenis apa yang cocok untuk penderita sakit punggung?

Jenis kasur memory foam dan latex adalah pilihan yang paling baik untuk Anda yang punya riwayat sakit punggung. Kedua jenis tersebut membuat tubuh Anda merasa nyaman karena bisa menyesuaikan dengan tubuh, menjadi bantalan sendi dan menopang tulang belakang dengan baik. 

Memory foam bisa mendistribusikan berat secara merata dan menghilangkan titik-titik tekanan untuk meringankan rasa sakit dan nyeri. Namun sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News