Keluarga

Ini Kata Dokter Soal 5 Kebiasaan Tidur Perempuan yang Dianggap Berbahaya

Ini Kata Dokter Soal 5 Kebiasaan Tidur Perempuan yang Dianggap Berbahaya

MOMSMONEY.ID -  Tanpa disadari, para perempuan ternyata memiliki 5 kebiasaan tidur yang cukup berbahaya. Lalu apa kata dokter soal kebiasaan ini? 

5 kebiasaan tidur perempuan antara lain tidur dengan mengikat rambut, tidur saat rambut masih basah, menggunakan bra yang terikat kencang, tidur tanppa menghapus riasan dan tidur di dekat ponsel. 

Meski tak memberikan dampak serius pada tubuh, kebiasaan ini tetap memberikan bahaya bagi tubuh. Melansir Kompas, ini kata dokter soal 5 kebiasaan tidur perempuan.

Baca Juga: Si Kecil Susah BAB? Ini 5 Cara untuk Mengatasi Anak Susah BAB

1. Tidur dengan mengikat rambut
Perempuan identik dengan rambut panjang. Sehingga tak jarang perempuan memiliki kebiasaan tidur dengan rambut terikat. Apakah cara tidur ini berbahaya? 

Melansir Kompas, Praktisi Kesehatan Tidur dan Konsultan Utama Snoring & Sleep Disorder Clinic RS Mitra Kemayoran Andreas Prasadja mengatakan tidur dengan rambut terikat sebenarnya tak jadi masalah namun sebaiknya jangan terlalu sering dan terlalu kencang. 

2. Tidur dengan rambut masih basah

Tidur dengan rambut basah ternyata tidak membuat Anda sakit kepala. Adapun seseorang yang sakit kepala saat bangun tidur itu karena kualitas tidur yang tidak baik. 

Namun, tidur dengan rambut masih basah menyebabkan masalah rambut. Tidur dengan rambut masih basah akan menyebabkan kulit kepala jadi mudah berketombe dan membuat rambut jadi mudah rontok. 
Sehingga Anda disarankan untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum tidur. 

3. Tidur dekat dengan ponsel

Di zaman sekarang, rasanya ada yang kurang jika tidak meletakan HP di dekat kita. Nah apakah kebiasaan tidur ini berbahaya? 
Ternyata bermain ponsel sebelum tidur justru membuat Anda sulit tidur. Sebab ponsel mengeluarkan cahaya biru yang akan ditangkap oleh otak sebagai kondisi siang hari. 

Maka sebaiknya batasi penggunaan ponsel saat Anda akan bersiap untuk tidur. Supaya Anda memiliki kualitas tidur yang baik dan bangun dalam kondisi badan segar.

Baca Juga: Sering Alami Insomnia? Coba 4 Tips Cara Dapatkan Tidur Nyenyak Ini yuk

4. Tidur tanpa menghapus make up terlebih dahulu

Saat lelah beraktivitas, terkadang muncul rasa malas untuk menghapus riasan alias make up. Apakah kebiasaan ini berbahaya bagi kesehatan? 

Ternyata tidur menggunakan make up atau riasan dapat menyebabkan kerusakan kulit wajah. Sebab saat menggunakan riasan pori-pori kulit wajah akan tertutup dan menyebabkan munculnya komedo ataupun infeksi seperti peradangan atau jerawat. 
Selain itu wajah bisa terlihat lebih kusam, memicu penuaan dini dan menyebabkan struktur kulit rusak. 

5. Tidur dengan menggunakan bra

Dokter Spesialis Jantung Universitas Sebelas Maret (UNS) Habibie Arifianto mengatakan tidur menggunakan bra tidak terkait dengan beredaran darah pada tubuh. Sebab sirkulasi darah sentral berada di rongga dada. 

Rongga dada terlindungi tulang iga dan otot dinding dada. Sehingg menggunakan bra tidak menghambat peredaran darah pada tubuh. Hanya saja menggunakan bra yang terlalu kencang bisa menimbulkan cidera di area kulit dan jaringan ikat di bawah kulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News