HOME, Santai

Apa Itu Open Marriage? Berikut Ini Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulainya

Apa Itu Open Marriage? Berikut Ini Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulainya

MOMSMONEY.ID - Dalam hal hubungan pernikahan, tentunya fenomena open marriage sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. 

Open marriage atau pernikahan terbuka menurut Wikipedia adalah hubungan non monogamy dimana sepasang suami istri sama sama setuju untuk melibatkan pihak lain dalam aktivitas sexual.

Laman Oprah Daily juga menjelaskan, bahwa open marriage hanya melibatkan pihak ekternal dalam aktivitas seksual. Open marriage tidak melibatkan perasaan emosional dengan pihak lain. 

Baca Juga: 4 Cara Menjaga Api Asmara Tetap Membara dalam Hubungan Pernikahan, Romantis Terus!

Biasanya hanya berlangsung sekali atau beberapa kali tanpa melibatkan perasaan emosional dan romantis dengan pihak eksternal. Karena hubungan pernikahan utamanya masih menjadi prioritas dalam hubungan open marriage.

Hubungan open marriage ini tentu saja bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Perlu adanya komitmen dan persetujuan diantara pihak-pihak yang bersangkutan. 

Sebelum memulai hubungan open relationship ada baiknya untuk mengutarakan terlebih dahulu alasan mengapa menginginkan hubungan tersebut. Tentu saja untuk menghindari adanya kesalah pahaman diantara pasangan suami istri.

Open marriage tentu saja berbeda dengan berselingkuh. Karena dalam open marriage kedua belah pihak menyetujui adanya pihak eksternal diantara hubungan pernikahan mereka. Sehingga, alasan ini lebih dipilih oleh pasangan daripada berselingkuh.

Baca Juga: Terapkan 5 Hal Ini untuk Menguatkan Ikatan Pernikahan Anda dengan Pasangan

Melansir dari laman Health Line, open marriage bisa terjadi karena adanya perasaan yang memuaskan ketika melakukan hubungan ini. 

Selain itu alasan lain adalah adanya keinginan untuk mengeksplore rasa seksual atau hubungan seksual dengan orang lain. Yang dipercaya bisa membantu membawa kebahagiaan, kepuasan, dan cinta yang semakin kuat.

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dari open relationship ini adalah pentingnya untuk menjaga komitmen atau perjanjian yang telah disetujui bersama. Menetapkan aturan sebelum mempertimbangkan open marriage bisa membantu untuk menjaga batasan masing-masing pasangan.

Di samping itu hubungan open marriage ini juga tentunya bisa memancing rasa cemburu antar pasangan. Sehingga penting untuk menetapkan batasan atau boundaries dalam hubungan ini. Mengutarakan perasaan sebelum dan setelah melakukan hubungan ini juga penting untuk dilakukan.

Hal tersebut berguna sebagai proses evaluasi dalam hubungan open marriage. Sehingga pasangan mengetahui hal apa yang mereka sukai dan bisa membantu untuk lebih mengenal pasangan dalam hubungan seksual. 

Karena semakin berkembangnya jaman, open marriage ini banyak diterapkan dalam hubungan pernikahan. Banyak juga buku-buku ataupun website yang membahas tentang pernikahan terbuka ini.

Tentu saja semua bisa digunakan sebagai bahan referensi untuk dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk melakukan hubungan open marriage. 

Selanjutnya: Kenali Tipe-Tipe Attachment dalam Hubungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News