HOME, Keluarga

Terapkan 5 Hal Ini untuk Menguatkan Ikatan Pernikahan Anda dengan Pasangan

Terapkan 5 Hal Ini untuk Menguatkan Ikatan Pernikahan Anda dengan Pasangan

MOMSMONEY.ID - Menikah bukanlah ajang untuk bergaya atau membuktikan sesuatu kepada orang lain. Bukan hal yang main-main, pernikahan harus benar-benar dipersiapkan dengan baik dari segi finansial maupun mental.

Meskipun di awal-awal pernikahan dunia bak serasa milik berdua, namun seiring berjalannya waktu berbagai permasalahan tentu akan datang menghampiri. Oleh sebab itu, rasa saling mengerti harus dijunjung tinggi supaya pernikahan tidak berakhir hancur hanya karena ego yang sama-sama tinggi.

Selain saling pengertian, pasangan suami istri juga disarankan untuk menerapkan kebiasaan-kebiaasaan yang akan berpengaruh positif pada kehidupan pernikahan mereka. Dari banyaknya hal yang harus dilakukan, inilah 5 di antaranya yang perlu dijadikan sebagai kebiasaan guna meningkatkan kualitas hubungan pernikahan supaya semakin romantis meski sudah tidak lagi muda.

Baca Juga: Pulang Liburan Kulit Malah Terbakar? Atasi Saja dengan 5 Cara Alami Ini

1. Komunikasi

Pasangan suami istri terutama yang sama-sama bekerja tentu memiliki kesibukannya masing-masing. Sering kali mereka bertemu hanya di pagi hari sebelum bekerja dan malam hari sepulang kerja atau sebelum tidur. Bahkan, saking sibuknya, momen mengobrol empat mata hanya tercipta ketika ada urusan tentang anak yang perlu dibicarakan.

Padahal, komunikasi menjadi salah satu kunci dari hubungan pernikahan yang berkualitas. Sebenarnya, Anda dan pasangan tidak harus memakan banyak waktu untuk saling terkoneksi. Berkomunikasilah secara teratur setidaknya selama 15 menit setiap malam sebelum tidur dan 10 menit di pagi hari sembari minum kopi atau sarapan.

Anda dan pasangan juga tetap dapat berkomunikasi secara intens sepanjang hari dengan memanfaatkan aplikasi chatting. Intinya, sesibuk apapun Anda, jangan sampai lupa menyempatkan waktu untuk berkomunikasi dengan pasangan ya.

2. Pacaran

Bagi sebagian pasangan yang sudah menikah, pacaran barangkali menjadi sebuah aktivitas yang kuno dan tidak layak lagi untuk dilakukan setelah menikah. Namun, mengulang kembali momen-momen indah yang cenderung konyol sewaktu pacaran sebenarnya dapat meningkatkan romantisme hubungan pernikahan Anda lho.

Rencanakanlah kencan atau dinner bersama pasangan minimal sebulan sekali untuk memperkuat keintiman. Atau, Anda juga bisa memberikan kartu berisi kata-kata romantis, membelikan hadiah, dan mengajak pasangan Anda untuk jalan-jalan berdua. Ketika serangkaian kegiatan romantis layaknya pacaran rutin Anda lakukan kembali di dalam kehidupan pernikahan, kemungkinan besar Anda akan terkejut dengan perubahan signifikan yang akan bermanfaat bagi pernikahan Anda.

3. Rasa ingin tahu

Dalam pernikahan yang baik, pasangan suami istri mungkin sering berasumsi bahwa mereka telah saling mengenal satu sama lain. Sekali pun usia pernikahan sudah memasuki puluhan tahun, namun bukan berarti tidak ada lagi hal tentang pasangan yang bisa Anda cari tahu.

Seiring bertambahnya umur, tentu ada perubahan terhadap hal-hal yang menjadi kesukaan maupun ketidaksukaan pasangan. Untuk itu, cobalah membiasakan diri untuk sering bertanya kepada pasangan terkait minat, hal favorit, atau segala hal yang membuatnya cemas. Anda dapat menerapkan kebiasaan ini mulai dari sekarang di setiap malam untuk mempererat hubungan Anda dengan pasangan.

4. Berjuang

Kebiasaan keempat yang penting untuk diterapkan adalah berjuang untuk mendorong pasangan meraih apa yang menjadi mimpinya. Tak jarang, para istri harus merelakan segala mimpi dan ambisinya tidak tercapai guna mengurus kehidupan rumah tangga. Pada saat anak lahir, pekerjaan seorang istri pun secara otomatis bertambah sehingga semakin terkuburlah segala asanya untuk berkarya di luar keluarga.

Sebagai pasangan yang baik, tentu Anda tidak boleh membiarkan hal itu terjadi. Pada dasarnya pekerjaan rumah tangga adalah pekerjaan bersama, jadi selalu sempatkan waktu Anda untuk membantu istri mengerjakannya baik itu cuci piring, cuci baju, bersih-bersih rumah, masak, atau mengurus anak. Selain itu, ciptakanlah ruang bagi istri Anda untuk dapat mengejar mimpinya.

Dengan begitu, nilai Anda di mata istri akan bertambah dan kehidupan pernikahan Anda pun akan semakin berkualitas karena dijalani oleh orang-orang yang mau mendukung satu sama lain.

5. Bermasyarakat

Pernikahan memang dijalani oleh dua orang yakni seorang pria dan seorang wanita. Kendati demikian, bukan berarti Anda dan pasangan harus selalu berduaan dalam menjalani kehidupan.

Sesekali, membebaskan pasangan untuk berbaur dengan orang-orang yang ia sukai selain Anda merupakan hal yang bagus. Izinkanlah pasangan Anda untuk berkegiatan bersama masyarakat misalnya dengan kelompok pengajian, komunitas hobi, atau teman-teman akrab mereka. Dengan dilandasi rasa saling mengerti, pernikahan Anda pun akan semakin berwarna dan jauh dari permasalahan fatal.

Itulah 5 kebiasaan baik yang dapat meningkatkan kualitas kehidupan pernikahan. Setelah mengetahuinya, jangan ragu untuk segera memulainya sekarang juga ya supaya pernikahan Anda langgeng dan selalu dihiasi dengan bunga-bunga cinta yang tak akan pernah layu sampai kapan pun.

Selanjutnya: 4 Tanda Kulit Dehidrasi dan Cara Mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News