HOME, Santai

Anda Sedang Melamar Kerja? Ketahui Dulu Yuk Tahapan Wawancara Kerja Ini

Anda Sedang Melamar Kerja? Ketahui Dulu Yuk Tahapan Wawancara Kerja Ini

MOMSMONEY.ID - Interview atau wawancara kerja merupakan serangkaian proses sebelum mendapatkan pekerjaan. Biasanya proses ini dilaksanakan setelah menyeleksi berkas data para calon pekerja yang berpotensi.

Tahapan wawancara yang berlaku pada masa kini cenderung berbeda dengan tahapan wawancara pada zaman dahulu. Tentu saja karena adanya perkembangan zaman dan teknologi dalam dunia kerja.

Proses wawancara kerja masa kini biasanya terbagi menjadi 3 jenis wawancara. Wawancara bersama HRD, wawancara User, dan wawancara panel.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Agar Tidak Stres Saat WFH

Berikut ini adalah beberapa penjelasan singkatnya.

Wawancara HRD

Wawancara dengan HRD merupakan proses wawancara pertama yang umum dilaksanakan. Dalam tahap ini calon pekerja akan diwawancara oleh HRD di perusahaan tersebut.

Biasanya pertanyaan yang diajukan berdasarkan dari CV yang dikirimkan ke perusahaan. Ada juga pertanyaan lain yang menyangkut pekerjaan sebelumnya, kelebihan dan kekurangan, dan rencana kedepan.

Wawancara User

User dalam wawancara ini merupakan calon atasan di perushaan tersebut. Biasanya setelah lolos dari tahap interview dengan HRD maka proses selanjutnya adalah interview dengan user.

Baca Juga: Pertimbangkan Matang-Matang Sebelum Memutuskan Membeli Rumah Lewat KPR

Pertanyaan yang ditanyakan pun cenderung berbeda dengan HRD, Pada wawancara ini pertanyaannya cenderung lebih tajam dan spesifik. Pertanyaan yang relative subjektif pun kerap kali ditanyakan.

Hal ini dikarenakan user yang akan lebih sering memiliki kontak hubungan kerja dengan calon pekerja. Sehingga biasanya user akan memilih calon yang berpotensi dalam hal prestasi dan chemistry.

Wawancara Panel

Setelah melakukan proses wawancara dengan user, selanjutnya proses wawancara akan dilakukan dengan panel. Panel disini adalah beberapa pekerja senior yang nantinya akan lebih sering bekerja bersama calon pekerja.

Dalam tahap ini, calon pekerja akan diwawancara oleh beberapa orang bahkan dalam lintas departemen. Hal tersebut digunakan untuk mengetahui bagaimana karakter pekerja dan bagaimana ia berkomunikasi dengan teman kerja.

Selanjutnya: Wajib Antigen, Kini Anak Di Bawah 12 Tahun Bisa Naik Kereta Api

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News