HOME, Bugar

5 Cara Sederhana Agar Tidak Stres Saat WFH

5 Cara Sederhana Agar Tidak Stres Saat WFH

MOMSMONEY.ID - Seperti diketahui, Work From Home (WFH) merupakan salah satu kegiatan yang kini dilakukan oleh sebagian besar masyarakat di dunia, termasuk Indonesia.

Kebijakan WFH ini diberlakukan tidak lain setelah terjadinya pandemi Covid-19 yang semakin meluas di masyarakat. Meskipun begitu, tidak sedikit masyarakat yang mengalami dampak stres selama menjalani kebijakan WFH.

Seperti sulit berkonsentrasi karena lingkungan rumah yang kurang mendukung suasana kerja, sulitnya mengatur waktu bekerja dengan mengurusi pekerjaan rumah tangga, hingga semakin banyaknya tugas pekerjaan yang harus diselesaikan.

Berbagai kondisi ini, tentu membuat pikiran semakin lelah dan suntuk hingga menimbulkan perasaan stres. Berikut beberapa kiat cepat untuk menghilangkan stres saat bekerja dari rumah.

Baca Juga: Inilah Risiko yang Terjadi Jika Kekurangan Enzim Pepsin dalam Tubuh

1. Berenang atau berendam air hangat di bak mandi

Sebuah penelitan pada Journal of Management Stress menemukan bahwa mengambang di air memicu respons relaksasi tubuh, yang membantu menekan tingkat hormon pemicu stres.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa berenang mengurangi ketegangan dan rasa tertekan pada anak-anak usia 11 hingga 13 tahun.

Berendam air hangat bisa memicu melonggarkan saraf-saraf pada tubuh yang bisa memberikan efek rileksasi dan mengurangi kadar stres pada tubuh.

2. Minum jus jeruk dingin

Tidak hanya jus jeruk lezat dan bergizi, tapi minuman menyegarkan ini benar-benar dapat membuat Anda lebih tenang dan kembali fokus.

Makanan dan minuman tinggi vitamin C, seperti jus jeruk, mampu secara fisiologis mengurangi stres dengan menurunkan kadar hormon stres, termasuk kortisol. Selain itu, vitamin ini juga dapat memerangi kerusakan akibat stres oksidatif.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya potensi vitamin C pada orang dengan gangguan kecemasan atau stres sebagai bagian dari perawatan. 

3. Lakukan tarian

Di hari-hari yang terasa berat, mengistirahatkan mental dan fisik dengan menari spontan dapat menjadi penyelamat dari suasana hati yang buruk. Coba mainkan lagu favorit Anda dan gerakkan beberapa gerakan tarian.

Menggerakkan tubuh sambil bernyanyi dengan mengikuti irama adalah cara unik dan sederhana untuk menghilangkan stres. Sebab hati Anda akan menjadi lebih senang dan pikiran Anda akan teralihkan dari segala masalah.

Setelahnya, otak Anda jauh lebih fokus dan dapat berpikir jernih untuk mencari solusi dari masalah yang Anda hadapi.

Baca Juga: Perbaiki Suasana Hati dan Mood Anda dengan Mengonsumsi Buah Srikaya

4. Lakukan seks bersama pasangan

Seks sangat erat kaitannya dengan stres. Kegiatan ini dapat memicu sekaligus menjadi cara unik menghilangkan stres. 

Menurut NHS, orang yang melakukan hubungan seks penetratif memiliki kenaikan terkecil dalam tekanan darah. Ini menunjukkan bahwa mereka mengatasi stres dengan lebih baik.

Selain itu, seks juga memiliki efek yang sama seperti olahraga atau meditasi. Aktivitas ini dapat memicu pelepasan hormon endorfin yang membuat seseorang menjadi lebih bahagia.

5. Berkebun

Selain bisa mengisi waktu luang, aktivitas ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan stres. Berkebun membutuhkan konsentrasi, itu artinya Anda akan mengalihkan pikiran dari stres yang sedang dihadapi.

Selama Anda melakukan aktivitas ini, Anda pdata mengamati bagaimana proses pertumbuhan tanaman yang Anda rawat. Mulai dari tunas kecil, tumbuh membesar, berbunga, bahkan menghasilkan buah.

Nah, semua itu dapat memunculkan rasa puas dalam hati Anda. Melihat keindahan warna-warni bunga dan tanaman juga membuat mata Anda segar dan pikiran menjadi lebih jernih.

Selanjutnya: Ciri-ciri seseorang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News