Santai

AirAsia Terbang Langsung dari Jakarta ke Perth, Cek Jadwal Penerbangan

AirAsia Terbang Langsung dari Jakarta ke Perth, Cek Jadwal Penerbangan

MOMSMONEY.ID - Bagi Anda yang berencana berlibur ke Perth, Australia, Indonesia AirAsia mengumumkan jadwal penerbangan langsung dari Jakarta ke Perth mulai 2 Juni 2023.

Dengan dukungan Pemerintah Australia Barat melalui Tourism Western Australia (TWA) dan Bandara Perth, untuk tahap awal, penerbangan langsung AirAsia Jakarta-Perth PP akan berjalan empat kali seminggu.

Proyeksinya, penerbangan tersebut bakal mengirimkan lebih dari 1.400 penumpang setiap minggu melalui Bandara Perth dan Jakarta, dengan rencana untuk bertumbuh sejalan dengan permintaan.

Indonesia AirAsia kini menjadi satu-satunya maskapai yang menerbangi rute antara Jakarta dan Perth pasca pandemi Covid-19.

Perjalanan dua arah antara Indonesia dan Australia selalu menjadi sangat populer karena sejumlah alasan, termasuk waktu penerbangan yang nyaman dan daya tarik kedua tujuan tersebut untuk berbelanja, bersantap, berpetualang, wisata pantai, serta pendidikan.

Menurut Kedutaan Besar Republik Indonesia, jumlah mahasiswa Indonesia di Australia tahun ini saja sudah mencapai lebih dari 20.000 orang, meningkat dari sekitar 15.000 orang pada tahun lalu.

Baca Juga: Reward dan Hadiah Tiket Pesawat Gratis AirAsia

Direktur Utama Indonesia AirAsia Veranita Yosephine mengungkapkan optimismenya terhadap rute baru ini. "Ini adalah pertama kalinya Indonesia AirAsia terbang di rute ini, terima kasih kepada mitra pariwisata dan bandara kami yang telah membantu mewujudkan destinasi baru ini," ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (6/4).

Rute baru Jakarta-Perth, Veranita memperkirakan, akan sangat populer bagi wisatawan yang ingin melihat lebih banyak tentang Indonesia dan bagi lebih dari 270 juta orang Indonesia yang ingin mengunjungi Perth dan Australia Barat untuk bisnis, rekreasi, belajar dan mengunjungi teman atau keluarga.

"Dengan dukungan besar dari Tourism West Australia dan Bandara Perth, kami yakin penerbangan baru yang menghubungkan ibu kota Indonesia dengan Australia Barat ini akan sangat diminati," kata dia.

Terutama, karena dari Jakarta, warga Australia juga bisa terbang ke banyak destinasi wisata yang sangat populer dan destinasi tersembunyi lainnya di seluruh Indonesia, seperti Danau Toba, Labuan Bajo, dan destinasi terbaru di Lampung.

Deputy Premier dan Menteri Pariwisata Australia Barat Hon. Roger Cook menyebutkan, peluncuran penerbangan penting AirAsia ini mengukuhkan reputasi Perth sebagai pintu gerbang barat ke Australia.

Memiliki hubungan langsung dengan Jakarta, akan mendorong pengunjung dari pasar prioritas Indonesia ke Australia Barat, untuk menjelajahi negara bagian Australia yang indah dan terlibat dengan industri pariwisata wilayah itu.

Termasuk, menyuntikkan jutaan dollar ke dalam ekonomi Australia Barat dan menciptakan lapangan kerja bagi warga negara bagian Australia tersebut.

"Kami sangat menganjurkan warga Indonesia, terutama mereka yang memiliki teman dan keluarga di negara bagian kami, untuk memanfaatkan penerbangan baru yang fantastis ini dan mengunjungi orang yang Anda cintai di Australia Barat," sebut Cook.

Baca Juga: 4 Inspirasi Self-Reward dari AiraAsia Shop, Simak yuk

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Perth Listiana Operananta menekankan pentingnya rute baru ini. "Penerbangan langsung antara Jakarta dan Perth oleh AirAsia mencerminkan harapan untuk mengumpulkan pemulihan di berbagai sektor, terutama di industri perjalanan dan pariwisata," ujarnya.

Menurut Listiana, rute tersebut akan menjadi mesin penghubung dan akselerator untuk meningkatkan kerjasama Indonesia dan Australia Barat, terutama dengan Jakarta sebagai pintu gerbang ke Indonesia dan yang lebih penting, ke kawasan yang lebih luas di ASEAN.

CEO Bandara Perth Kate Holsgrove menambahkan, penerbangan baru dari dan ke Jakarta ini akan memberikan dorongan yang signifikan bagi sektor bisnis dan pariwisata serta ekonomi yang lebih luas.

Lebih dari 60% populasi dunia tinggal di Asia. Perth lebih dekat daripada Brisbane, Melbourne, dan Sydney ke 17 dari 20 kota terpadat di Asia termasuk Jakarta.

"Indonesia AirAsia saat ini merupakan satu-satunya maskapai penerbangan yang menerbangi rute ini, dan kami berharap dapat bekerjasama dengan maskapai tersebut untuk mengembangkan pasar sehingga dapat menjadi penghubung harian untuk Perth," kata Kate.

Penerbangan AirAisa rute Jakarta-Perth akan menggunakan pesawat A320 dengan kapasitas 180 penumpang. Durasi penerbangan 4,5 jam dan frekuensi penerbangan 4x seminggu, yakni:

  • Jakarta-Perth dengan nomor penerbangan QZ532 akan terbang dari Bandara Soekarno Hatta pukul 18.05 WIB dan tiba di Bandara Perth pukul 23.20 waktu setempat.
  • Perth-Jakarta dengan nomor penerbangan QZ533 akan terbang dari Bandara Perth pukul 00.15 waktu setempat dan tiba di Bandara Soekarno Hatta pukul 04.00 WIB.

Tertarik? Harga tiket Penerbangan AirAisa rute Jakarta-Perth mulai dari US$ 179 atau Rp 1,299 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News