CLOSE [X]
ads

7 Produk Alami Alternatif Penghilang Noda Pakaian

Sumber: Kompas.com
Rabu, 04 Mei 2022 | 19:00 WIB
7 Produk Alami Alternatif Penghilang Noda Pakaian


MOMSMONEY.ID - Ada saja penyebab pakaian kotor terkena noda. Jika tidak segera dibersihkan, noda pada pakaian bisa sulit dihilangkan dan membekas. 

Ada banyak produk penghilang noda pada pakaian yang dijual di pasaran, yang terbuat dari bahan kimia. Namun demikian, banyak produk pembersih yang tidak direkomendasikan untuk anak kecil dan biasanya lebih mahal. 

Dilansir The Spruce, Rabu (4/5), berikut beberapa produk atau bahan alami untuk penghilang noda pakaian yang dapat Anda gunakan untuk menggantikan produk penghilang noda berbahan kimia. 

1. Baking soda atau soda kue 

Soda kue adalah penghilang bau alami yang sempurna untuk menjaga cucian tetap segar dan aman digunakan pada semua kain, termasuk pakaian tidur anak-anak.

Soda kue juga membantu meningkatkan kinerja deterjen, melembutkan kain, dan mengurangi busa untuk memuat lebih cepat di mesin cuci bukaan depan. 

2. Air perasan lemon atau jeruk nipis 

Air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis segar atau dalam kemasan 100% memiliki tindakan pemutihan alami pada kain karena asam asetat. Jika Anda akan menggunakannya untuk membersihkan pakaian berwarna, sebaiknya buang sarinya sebelum menyebabkan perubahan warna permanen. 

Baca Juga: 5 Peralatan Dapur yang Harus Diberi Kode Warna Menurut Saintis

Namun, Anda dapat menggunakan salah satu jenis jus pada kain putih untuk membantu menghilangkan noda kuning di ketiak atau noda karat. 

3. Cuka putih suling 

Cuka putih suling adalah pekerja ajaib di ruang cuci. Ini tidak mahal, lembut pada kain, dan lebih aman digunakan daripada pemutih klorin dan pelembut kain.

Selalu pilih cuka putih daripada cuka apel atau jenis lainnya karena tidak akan menodai kain. Cuka putih adalah kunci untuk menghilangkan noda dan bau keringat ketiak kuning, menghilangkan noda jamur, memutihkan dan mencerahkan pakaian. 

Menambahkan satu cangkir cuka putih suling ke bilasan terakhir akan membuat pakaian terasa lembut dan berbau segar. 

Editor: Dupla Kartini

Terbaru