Keluarga

6 Tips Rahasia Memilih Olive Oil yang Berkualitas, Jarang Orang yang Tahu!

6 Tips Rahasia Memilih Olive Oil yang Berkualitas, Jarang Orang yang Tahu!

MOMSMONEY.ID - Beralih ke gaya hidup sehat dan memilih olive oil sebagai bahan untuk menggoreng adalah awal yang baik. Namun tahukah Anda bagaimana ciri olive oil yang berkualitas?

Tak semua orang tahu bahwa ada banyak tipe olive oil yang tersedia di pasaran. Meski sama-sama bernama “olive oil” atau minyak zaitun, namun berbeda jenis, berbeda pula kualitasnya.

Berikut ini MomsMoney jabarkan sederet tips rahasia memilih olive oil yang berkualitas. Dilansir dari Well and Good dan oliveoil.com, ini dia artikelnya.

Baca Juga: 3 Kunci Utama Perbedaan Grill, Barbeque, dan Roasting untuk Memasak Daging

Perhatikan tipe botol

Tips memilih olive oil yang berkualitas dapat diperhatikan dari tipe botol yang ada. Cobalah untuk memilih olive oil dengan botol yang berwarna gelap. Sebab botol gelap dapat melindungi olive oil dengan tipe extra virgin dari cahaya yang dapat menurunkan kualitasnya.

Tapi jangan cuma perhatikan warna botolnya saja, perhatikan juga jika ada jejak-jejak kebocoran pada botol seperti segel rusak atau longgar yang membuat olive oil jadi tak lagi bagus kualitasnya.

Cek kedaluwarsa

Olive oil yang berkualitas adalah olive oil yang digunakan selama masa tanggal terbaiknya. Tanggal ini biasanya tertera di botol, bersamaan dengan tanggal kedaluwarsa produk.

Rat-rata olive oil berkualitas dapat awet selama 2 tahun sejak pertama kali diproduksi.

Baca Juga: 5 Perbedaan Daun Basil dan Oregano dari Rasa hingga Kegunaan

Lihat harganya

“Ada harga ada kualitas”, begitulah bunyi pepatah yang sering kita dengar. Apabila anda menginginkan olive oil dengan kualitas terbaik, maka pilihlah olive oil dnegan harga yang sedikit lebih mahal.

Ketahui hal-hal yang dapat menurunkan kualitas olive oil

Sebagus apapun olive oil yang dipilih, kualitasnya akan menurun apabila dibiarkan terpapar panas, cahaya, ataupun oksigen. Ketiga hal ini dapat menurunkan kualitas olive oil.

Baca Juga: 5 Bahan Makanan yang Dapat Gantikan Fungsi Baking Soda dalam Memasak

Perhatikan tipe olive oil yang dipilih

Tips memilih olive oil yang berkualitas dapat ditentukan berdasarkan jenis olive oil itu sendiri.

Pilihlah olive oil dengan tipe “virgin” atau “extra-virgin” yang artinya minyak tidak melalui proses penyulingan.

Jika Anda menemukan botol olive oil yang bertuliskan “light tasting” atau hanya sekedar bertuliskan “olive oil” biasa tanpa adanya embel-embel “virgin/extra virgin”, maka disarankan untuk tidak membelinya. Sebab olive oil tersebut dipastikan telah melalui proses penyulingan.

Extra virgin olive oil sangat baik untuk dijadikan sebagai bahan penggoreng makanan, juga dapat mempertahankan kandungan antioksidannya yang tinggi, meski dipakai untuk memasak dalam suhu super panas.

Baca Juga: 5 Tips Manfaatkan Bahan Sisa Masakan Agar Tak Mubazir, Super Kreatif!

Pilih yang kandungan polifenolnya tinggi

Polifenol adalah zat yang dapat menangkap radikal bebas. Maka dari itu, pilihlah olive oil yang memiliki kandungan polifenol tinggi. Apa saja ciri-cirinya?

Olive oil yang memiliki kandungan polifenol dalam jumlah yang tinggi biasanya punya cita rasa yang pahit, beraroma tajam, dan cenderung pedas.

Namun jika Anda tak ingin rasa masakanmu jadi berubah, maka pilihlah olive oil dengan kandungan polifenol rendah yang tak memiliki rasa yang terlalu tajam. Tenang saja, olive oil jenis ini masih tetap tergolong minyak yang baik daripada minyak goreng biasa.

Itu dia berbagai tips rahasia memilih olive oil yang berkualitas. Semoga tips-tips di atas dapat diaplikasikan sebagai referensi sebelum memilih olive oil yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News