Keluarga

5 Bahan Makanan yang Dapat Gantikan Fungsi Baking Soda dalam Memasak

5 Bahan Makanan yang Dapat Gantikan Fungsi Baking Soda dalam Memasak

MOMSMONEY.ID - Sedang bikin cookies tapi ternyata baking soda atau soda kue tak ada di dapurmu? Coba gunakan sederet bahan pengganti baking soda berikut ini sebagai bahan alternatif.

Soda kue / baking soda / natrium bikarbonat adalah ragi berbahan kimia yang berfungsi untuk mengembangkan & membuat renyah tekstur makanan.

Cara kerja soda kue, soda kue yang bersifat basa akan bereaksi dengan asam seperti pada jus lemon, gula, hingga buttermilk. Reaksi kimia ini menghasilkan karbon dioksida & menyebabkan adonan kue jadi mengembang.

Lantas, bagaimana jika tak ada baking soda saat sedang membuat kue? Tenang, ada beberapa bahan pengganti soda kue yang dapat efektif mengembangkan makanan buatanmu. Melansir dari All Recipes, Today.com, dan Healthline, selengkapnya.

Baca Juga: 5 Perbedaan Daun Basil dan Oregano dari Rasa hingga Kegunaan

Baking powder

Baking powder (bubuk pengembang) adalah salah satu bahan pengganti baking soda (soda kue) terbaik yang bisa Anda aplikasikan.

Mungkin Anda adalah salah satu orang yang sering terbalik menentukan mana baking powder dan mana baking soda. Sebab keduanya cukup mirip, baik dari segi nama, fungsi, maupun tampilannya. Tapi keduanya sangat berbeda.

Sebenarnya, baking soda (soda kue) memiliki daya sebanyak 3x lebih kuat dibandingkan baking powder. Tetapi keduanya sama-sama mengandung ragi yang dapat bekerja dengan fungsi yang sama.

Baca Juga: 6 Cara Bikin Sayuran Jadi Makanan yang Lezat Tanpa Rasa Pahit dan Hambar

Melansir dari Healthline, baking powder merupakan gabungan dari baking soda dan saus tartar. Saat terkena cairan dan panas, gas karbon dioksida terbentuk & menyebabkan makanan yang dipanggang jadi mengembang.

Jika baking powder dipadukan dengan bahan padat seperti gula dalam pembuatan kue, maka akan menghasilkan tekstur yang sama baiknya saat menggunakan baking soda.

Namun perlu diperhatikan takaran ideal baking soda : baking powder adalah 1 : 3

Baca Juga: Punya Karakter Rasa Berbeda, Ini 5 Jenis Susu yang Cocok Dipadukan Bersama Kopi

Putih telur

Putih telur

Baking soda dapat digantikan oleh putih telur. Ini karena putih telur dapat memberikan struktur renyah pada makanan karena dapat membuat pori-pori makanan mengecil.

Putih telur bekerja sama baiknya seperti fungsi baking soda sehingga putih telur dapat digunakan dalam keadaan darurat.

Baca Juga: Apakah Timun Termasuk Buah atau Sayur? Ini Dia Jawabannya

Untuk dapat menggunakan bahan yang satu ini, berikut beebrapa cara yang bisa ditiru:

  1. Pisahkan putih dengan kuning telur
  2. Ambil putih telur, lalu kocok hingga berbusa dan kaku.
  3. Ukuran putih telur dalam gelas ukur. Sesuaikan ukuran putih telur dengan ukuran baking soda sesuai resep

Dilansir dari Today.com, 2 putih telur dapat menggantikan 1 sendok teh baking soda.

Baca Juga: Tips Memilih Brokoli Segar dan Cara Menyimpannya Agar Awet

Tepung self-rising

Bahan pengganti baking soda bisa dengan menggunakan tepung self-rising.

Melansir dari Kompas.com, tepung self-rising adalah tepung yang mengandung garam & zat ragi. Tepung ini dapat mengmbang sendiri.

Yang tergolong ke dalam jenis tepung self-rising di antaranya seperti tepung untuk membuat roti, biskuit, hingga cornbread. Tepung serbaguna bukanlah jenis tepung yang masuk ke dalam jenis ini karena hanya mengandung 1 bahan saja, yakni gandum.

Karena sifat tepung self-rising yang dapat mengembang sendiri inilah maka tepung self rising dapat menggantikan soda kue jika tak ada di dapurmu.

Baca Juga: 4 Kunci Utama Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih Sebagai Bumbu Masakan

Kalium bikarbonat & garam

Paduan kalium bikarbonat (potassium bikarbonat) dengan garam adalah salah satu bahan pengganti baking soda (soda kue) yang cukup efektif.

Kalium bikarbonat adalah bahan pengganti soda kue terbaik dengan perbandingan 1:1. Jangan lupa tambahkan garam ke dalam kalium bikarbonat sebagai pengganti natrium yang biasanya hadir dalam soda kue.

Baca Juga: Lengkuas dan Jahe: Persamaan, Perbedaan, Serta Bahan Pengganti sebagai Bumbu Masakan

Amonium karbonat

Amonium karbonat adalah bahan pengganti soda kue yang juga efektif. Perbandingannya 1:1. Hanya saja, amonium karbonat hanya dapat menggantikan jenis makanan panggang yang bertekstur renyah & tipis seperti cookies dan kerupuk.

Apabila amonium karbonat dikombinasikan dengan panas & asam, maka amonium karbonat akan menghasilkan karbon dioksida & amonia. Amonia dapat menimbulkan bau yang kuat dan tidak sedap.

Sementara untuk makanna panggang yang bertekstur renyah & tipis, maka kandungan amonia dapat mudah hilang tanpa pengaruhi rasa & bau.

Demikian sederet bahan pengganti baking soda (soda kue) yang bisa Anda jadikan bahan alternatif di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News