Keluarga

5 Tips Manfaatkan Bahan Sisa Masakan Agar Tak Mubazir, Super Kreatif!

5 Tips Manfaatkan Bahan Sisa Masakan Agar Tak Mubazir, Super Kreatif!

MOMSMONEY.ID - Sering hambur-hambur uang karena punya bahan makanan yang membusuk dan belum sempat dimakan? Mulai sekarang, mari manfaatkan bahan sisa makanan agar tak mubazir.

Tak semua bahan makanan dapat digunakan. Sering kali ada bagian-bagian makanan, seperti kulit sayuran/buah misalnya, yang tak bisa diolah atau dimasak.

Namun kini Moms dapat memanfaatkan semua bagian makanan, termasuk makanan yang hampir busuk hingga bahan sisa untuk diolah dalam bentuk lain.

Berikut ini sederet tips manfaatkan bahan sisa makanan yang dilansir dari Eat this not that dan Mayo clinic, selengkapnya.

Baca Juga: 4 Tips Mencegah Makanan Terbuang Sia-Sia, Jadi Lebih Hemat Biaya!

Gunakan minyak sisa untuk masak sayuran

Jika Anda masih memiliki bahan sisa masakan, seperti minyak misalnya, maka manfaatkanlah untuk memasak sayuran.

Minyak sisa bekas memasak makanan lain masih dapat digunakan untuk memasak sekaligus membumbui sayuran sehingga rasanya tak hambar.

Tapi jangan pakai minyak sisa bekas menggoreng makanan yang menyengat seperti ikan asin, karena rasa & baunya akan ikut terbawa pada sayuran yang anda masak.

Baca Juga: 3 Tips Memasak Sayuran Tanpa Menghilangkan Nutrisinya

Jadikan smoothies

Smoothie

Manfaatkan bahan sisa, seperti buah-buahan yang telah layu, untuk bisa diolah kembali menjadi smoothies ataupun jus.

Daripada harus dibuang dan hanya akan menghambur-hamburkan uang, lebih baik jadikan buah-buahan yang sudah tak segar menjadi segelas smoothie dingin yang manis dan menyegarkan.

Baca Juga: Tips Jitu Masak Daging Bebek Supaya Daging Empuk Anti Bau Amis

Olah “ugly foods”

Tak semua makanan punya bentuk yang baik. Terkadang ada buah hingga sayuran yang memiliki bentuk tidak sempurna dari segi penampilan, yang membuat anda malas untuk memakannya.

Meski makanan tersebut tergolong ke dalam ugly foods, namun jangan pernah membuangnya. Olahlah ugly foods karena bagaimanapun juga ugly foods memiliki kandungan & nutrisi yang sama baiknya dengan makanan lain. Hanya saja memang kekurangannya ada dari segi penampilan.

Jadikan pupuk alami

Manfaatkan bahan sisa makanan yang sudah basi untuk diolah menjadi pupuk alami. Pupuk alami ini sangat berguna bagi tanah karena mengandung nutrisi yang tinggi untuk kesuburan tanah.

Jadi daripada dibuang begitu saja, manfaatkan bahan sisa makanan untuk suburkan tanah di halaman belakang rumahmu, ya.

Baca Juga: Mau Hemat Belanjaan? Yuk Simak 3 Cara Bikin Aneka Kaldu dari Bahan Sisa!

Olah makanan dengan cara sekreatif mungkin

Jika ada banyak bahan sisa makanan yang hampir tidak bisa lagi dimakan karena sudah layu atau hampir basi, maka manfaatkan seluruhnya untuk diolah menjadi makanan dengan cara kreatif.

Misalnya jika Anda memiliki roti yang sudah lewat masa kedaluwarsa, coba jadikan snack Crouton, yakni roti panggang ala Perancis. Apabila punya buah-buahan yang hampir layu & bertekstur benyek, olahlah menjadi hidangan oatmeal.

Sementara bahan sisa kupasan kulit buah / sayuran dapat diolah menjadi kaldu bumbu.

Itu dia berbagai tips manfaatkan bahan sisa masakan agar tak mubazir. Semoga artikel ini bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News