HOME, Keluarga

6 Tips Mendekorasi Rumah Besar Supaya Makin Nyaman Ditinggali

6 Tips Mendekorasi Rumah Besar Supaya Makin Nyaman Ditinggali

MOMSMONEY.ID - Sekilas, tinggal di rumah besar memang memiliki beragam keuntungan. Anda bisa menikmati luas ruangan yang lebih lega, sehingga dapat bergerak dengan lebih bebas tanpa perlu takut terhalang furnitur atau benda-benda lainnya.

Selain itu, karena ukurannya yang cukup luas, Anda bisa bereksperimen dengan berbagai dekorasi rumah tanpa khawatir rumah akan terasa makin sempit atau ramai.

Namun, Anda juga perlu berhati-hati saat mendekorasi rumah besar supaya tidak terlihat kosong atau sepi. Supaya rumah Anda yang besar terasa semakin nyaman ditinggali, ada beberapa tips simpel yang bisa Anda terapkan saat mendekorasi rumah. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Ini Dia Kesalahan Saat Menata Furnitur Rumah, Wajib Tahu!

Gunakan tanaman hias yang besar atau tinggi

Dikutip dari Forbes, menggunakan tanaman hias yang besar atau tinggi dapat membantu mengisi kekosongan di ruangan berukuran besar dengan plafon yang tinggi.

Supaya tanaman hias yang digunakan bisa mempercantik rumah dengan maksimal, tempatkan tanaman hias di area yang sesuai dengan kebutuhan cahayanya.

Cat dinding dengan dua warna

Jika Anda tinggal di rumah berukuran besar dengan plafon tinggi, ada trik yang bisa Anda gunakan untuk untuk membuat ruangan terasa lebih rendah, yaitu mengecat dinding dengan dua warna.

Dengan cara ini, Anda dapat mengecat setengah bagian dinding satu warna, lalu cat setengah bagian lainnya dengan warna lain. Trik ini akan membantu “memotong” tinggi ruangan sehingga memberi ilusi plafon yang lebih rendah.

Pisahkan menjadi beberapa area

Jika Anda menggunakan konsep open space di rumah yang besar dan luas, coba hindari kesan kosong dan sepi dengan memisahkan ruangan yang luas menjadi beberapa bagian. Misalnya, buat area khusus untuk bersantai dan area khusus untuk makan.

Supaya perbedaan setiap area semakin jelas, tempatkan partisi atau sekat ruangan. Hal ini akan membantu memecah ruangan sehingga memberikan privasi dan ruang personal pada setiap area.

Baca Juga: 5 Tips Mempercantik Rumah dengan Tanaman Hias Artifisial

Perhatikan penggunaan furnitur

Ketika menggunakan furnitur di rumah berukuran besar, perhatikan skala dan ukuran furnitur tersebut supaya proporsional dengan luas ruangan di rumah Anda.

Mengutip The Spruce, jika rumah Anda luas tapi memiliki plafon rendah, gunakan furnitur yang rendah pula. Begitu pula sebaliknya, hindari penggunaan furnitur rendah bila rumah Anda memiliki plafon tinggi.

Selain itu, perhatikan penempatan furnitur di rumah. Hindari menempatkan furnitur di pinggir-pinggir ruangan sehingga menempel dengan dinding, karena malah akan menciptakan area kosong di tengah-tengah ruangan.

Baca Juga: 10 Tips Mudah Memaksimalkan Pencahayaan di Rumah yang Suram, Yuk Coba!

Hiasi dinding yang kosong

Rumah besar biasanya identik dengan area dinding yang luas dan besar pula. Untuk menghindari kesan kosong dan sepi, cobalah untuk menghiasi dinding rumah Anda dengan berbagai pernak-pernik.

Karena area dindingnya luas, jangan ragu untuk menggunakan hiasan dinding berukuran besar, misalnya lukisan abstrak dengan warna-warna cerah. Hiasan dinding tersebut akan membantu mengisi dinding sehingga tidak terlihat kosong.

Kombinasikan pola dan motif

Ketika mendekorasi rumah yang kecil, biasanya Anda akan disarankan untuk menghindari kombinasi pola dan motif karena rentan membuat ruangan terasa makin ramai dan penuh.

Melansir MyDomaine, jika Anda tinggal di rumah yang besar dan luas, jangan ragu untuk bereksperimen dengan pola dan motif yang berani. Sebagai contoh, kombinasikan wallpaper dengan motif bunga-bunga besar di dinding dan karpet bermotif ornamental di lantai.

Itulah beberapa tips untuk mendekorasi rumah berukuran besar. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News